,

Movie Review: Cadillac Records

June 14, 2011 Samuel Yudhistira


Satu lagi film bagus yang sangat telat gw dapatkan, fim tahun 2008 yang bersetting di kota Chicago tahun 1940-an dan 50-an ini bercerita tentang perjalanan salah satu label rekaman yang sudah sangat berjasa dalam perjalanan musik Rock 'n Roll, Chess Records.


Kisah ini diawali dengan Leonard Chess (diperankan sama Adrien Brody, yang main "The Pianist) yang berteman dengan seorang gitaris blues bernama Muddy Waters (he is a LEGEND!!) dan membangun perusahaan rekaman yang diberi nama Chess Records.

Setelah Muddy sukses dengan lagu-lagunya, Chess juga mencari artis lainnya untuk dapat rekaman di studio-nya dan mencetak hits. Lalu mendapati seorang pemain bass dan pencipta lagu ternama, Willie Dixon, seorang pemain harmonika Little Walter, penyanyi blues yang nantinya akan legendaris Howlin Wolf, dan penyanyi blues wanita bernama Etta James.

Dan pada akhirnya Chess menaungi seorang bintang Rock 'n Roll besar yang nantinya akan merubah dunia.... Chuck Berry.


Kesuksesan Len Chess dalam meramu bintang-bintang rock/blues yang berkulit hitam dan kegigihannya menembus batas rasisme yang masih marak di Amerika pada era tersebut membuatnya kaya raya begitu pula dengan artisnya yang masing-masing mendapat mobil Cadillac model terbaru setiap kali single mereka laku di pasaran. Oleh karena itu label rekaman milik Leonard Chess dijuluki sebagai "Cadillac Record".

Ceritanya lumayan seru sih, buat yang suka sama musik rock/blues/metal harus tau sejarah perjuangan para musisi rock 'n roll kulit hitam dalam menembus batas rasisme di masanya, juga kehidupan Muddy Waters, seorang yang sudah menjadi inspirasi bagi banyak musisi rock di era ke depannya, yang paling terkenal adalah The Rolling Stones, yang bahkan mengambil nama band mereka dari salah satu judul lagu Muddy Waters "Like a Rollin' Stones".

Pokoknya ni film lumayan dah buat ngisi waktu senggang! :D


BTW semua orang yang mengawali kariernya di Chess Records berhasil masuk ke "Rock 'n Roll Hall of Fame" lho, itu kya semacam perhargaan untuk mereka yang berjasa bagi musik rock/metal.