Success is Money

October 15, 2011 Samuel Yudhistira
What’s money? A man is success if he gets up in the morning and goes to bed at night and in between does what he wants to do.



Bob Dylan, (source)

Kata-kata di atas diucapin sama Bob Dylan, gw rasa ada benernya juga sih. Di era sekarang kebanyakan kesuksesan "cuma" dinilai melalui faktor kuantitatif atawa numerik atawa duit. Artinya, kesuksesan seseorang hanya dilihat dari seberapa besar penghasilan atau uang yang bisa diperoleh.

Kalo menurut gw, indikator uang sebagai tanda kesukesan terkesan sempit dan gak "make sense". Well, money is not everything, but everything need money," peribahasa yang secara tak langsung berkata kepada gw, "Duit itu artinya segalanya,"

Kembali gw melihat penilaian orang mengenai sukses itu sendiri, tapi di era yang rada monetize (ato bisa gw bilang sangat!) agak susah mencari orang yang menilai sukses bukan sekedar hal materi.

Sebenernya kalo dipikir-pikir sikap anti-monetize itu sedikit memiliki hubungan dengan mentalitas indie yang gw anut. Dan kalo kita lihat semangat DIY (Do It Yourself) itu sendiri menunjukkan kalo kesuksesan itu dinilai dari usaha dan hasilnya, bukan demi keuntungan semata tapi untuk kenikmatan. Ketika kita melihat hasil kerja dan usaha kita sendiri dan terpuaskan, itu sudah bisa disebut sebagai suatu kesuksesan.

So fellas, jangan sampe pikiran dan cara pandang kita termanipulasi dengan hal-hal materialistis, kalaupun materi itu sendiri adalah buah dari kerja keras kita, jangan sampai hal tersebut membutakan "mata" sehingga keserakahan merasuki pikiran dan membuat semua hal dinilai dengan uang dan materi.

What is money????