, ,

The Best Album 2011, Versi GW

January 02, 2012 Samuel Yudhistira
2011 berlalu, dan rasanya belom afdol kalo gw gak ngasih list album-album musik yang paling keren di tahun 2011, inget ini versi gw jadinya, yahh suka-suka gw! Persetan dengan orang lain, bung!

Here they are:



Megadeth - Thirt3en


Lagu opening "Sudden Death" langsung menggebrak ria di album ini, pas ngeliat judulnya gw sempet berpikir, "Dave Mustaine udah jadi alay kyanya..." untung aja dia bukan lahir di Indonesia dan udah jadi legend, jadi bodo amat dah orang mau bilang apa, yang penting pengikutnya banyak!
Ada sedikit hal rada unik waktu dengerin "Public Enemy No. 1" riff-nya rada aneh di telinga gw, dan lick-lick-nya juga lebih mirip Led Zeppelin dibanding Megadeth.


I'm From Barcelona - Forever Today

Album yang gokil, tapi entah kenapa gw lebih suka "Who Killed Harry Houdini?" Walaupu begitu bukan berarti ini album yang jelek. Lagu-lagu ceria dan "rame" ala band asal Swedia ini emang jadi faktor utama band dengan personil yang buanyak ini (lebih dari 20 orang!). Lagu yang asik di album ini kya "Always Spring", "Get In Line", "Charlie Parker", ato "Forever Today".

Alex Turner - OST. Submarine

Alex Turner, vokalis Arctic Monkeys ini emang paling jago dalam hal meramu musik-musik yang terdengar keren! Contohnya di sini, walaupun materinya tetep Arctic Monkeys tapi banyak hal-hal baru yang keren banget di sini. Di album EP ini cuman ada 6 lagu dan semuanya gokil punya. "Piledriver Waltz" sama "Stuck on the Puzzle" jadi lagu favorit gw di album ini, tapi 4 lagu lainnya juga menyuguhkan keindahan dan pastinya keren!

Wavves - Life Sux

Pertama kali liat covernya gw kira ini band black metal, serem-serem gimana gitu. Tapi untungnya di dalem album terdapat banyak lagu-lagu keren ala lo-fi indie rock. Walau rada telat dengerin album ini, tapi gw tetep merasa ini album yang keren! Lagu-lagu yang gw demen di album ini kya "Destroy", "Bug", sama "Nodding Off", awesome!!

PJ. Harvey - Let England Shake

Album terbaik 2011 versi NME Magazine dan 15 publikasi lainnya, dan gw sangat setuju, ini memang sebuah karya masterpiece dari PJ. Harvey yang dikerjakan selama 2 setengah tahun. Lirik-lirik yang "strong" dan puitits ditambah pengaruh The Doors ato The Velvet Underground yang kental banget di album ini. Lagu-lagu yang ge demen kya "The Glorious Land", "The Words That Maketh Murder", "Let England Shake", ato "Written on the Forehead".

It's a masterpiece and worth to hear!



Arctic Monkeys - Suck It and See


Salah satu album yang gw dapatkan dengan perjuangan... (dongdot)

Dan ketika diputar dalam hati akan berteriak, YESSS! this is awesome... still got it! Emang gak ada matinya dah si Alex Turner. Masih ada riff-riff ala Arctic Monkeys yang nongol di album sebelumnya "Humbug", semakin mature dan asik didengerin. Lagu-lagu yang gw suka tuh di album ini kya "She's Thunderstorm", "Brick by Brick", "Suck It and See", dan "The Hellcat Spangled Shalalala".


Album yang sangat gw rekomendasikan

The Strokes - Angles

Waktu album ini keluar sempet tersiar kabar soal percekcokan antar personil The Strokes, yang bahkan lumayan mencuat di dunia musik. Okay, album ini entah kenapa banyak dikritik, padahal di dalemnya banyak hal-hal baru yang mungkin tidak ditemukan di album-album The Strokes sebelumnya. Memang, warna musik mereka berubah cukup signifikan dan corak indie-rock mereka mulai pudar. Tapi, tetep banyak lagu-lagu keren di album ini, contohnya, "Under Cover of Darkness", "Taken For A Fool", "Gratisfaction", atau "Games".

The Vaccines - What Did You Expect From The Vaccines


Album ini gw dapet rekomendasi dari temen-temen The Chronograph. Setelah gw dengerin, lagu openingnya langsung terasa mirip The Ramones, judulnya "Wreckin' Bar (Ra Ra Ra)", tapi ternyata mereka punya ciri khas sendiri. Banyak lagu-lagu asik ala garage rock tahun 60'an atau 70'an yang pastinya gokil sangat. Lagu-lagu dengan lirik santai, melodi ringan tapi asik, gebukan drum yang energik. Sebuah kombinasi yang maut banget.
Lagu-lagu yang gw demen di album ini: "If You Wanna", "Post Break-Up Sex", "Noorgard", "We're Happening", dan lagu-lagu lainnya yang juga gak kalah keren.

Album yang sangat gw rekomendasikan!!

Dan di samping band-band luar yang gw sebutin di atas, ada satu band lokal yang menarik perhatian gw, bisa dibilang salah satu terobosan terbaru 2011, sebuah band dengan tone yang sangat fuzzy, simpel tapi mematikan, it's like a stun gun!


Morfem - Indonesia


Daya tarik awal gw terhadap album ini adalah Jimi "The Upstairs" yang katanya membentuk band baru yang beda banget sama The Upstairs. Rasa penasaran gw memancing gw untuk melacak lebih lanjut band kya apa sih. Pertama kali denger namanya gw dengernya More Than, wueehh namanya bisa banget tuh, dalam hati gw berpikir seperti itu.

Ehhh, taunya namanya Morfem *tengsin*

Dapet lagunya dari temen, sekitar awal-awal 2011, ato kapanlah, gw rada lupa, pokoknya rambut gw udah gondrong. Dengerin.....dengerin lagi....nyengir.... YES! Ini band gokil!!!

Lagu-lagu kya "Pilih Sidang Atau Berdamai", "Gadis Suku Pedalaman, dan "Tidur Dimanapun Bermimpi Kapanpun" memang jadi angin segar buat musik Indonesia, yeah!

Pertama kali nonton mereka di Kickfest, sebelum Morfem manggung, gw sakit, tapi tetep berdiri paling depan malah paling semangat.

Kedua kali pas di RRRECfest #2, yang ini lebih parah, gw dateng sendirian gara-gara gak ada yang nemenin, ahh nekat aja dah, sampe sono, gw celeng, kepala gw berasa mau pecah, gobloknya, gw malah menenggak beberapa botol minuman beralkohol, nonton Morfem sambil nahan sakit kepala, dan sendirian, dalam hati mikir, kalo gw pingsan siapa yang nolong yahh??


The Chronograph - Breaking The God's Code


Weiiissss band gw sendiri, wajarlah, ini blog gw, masa iya gw gak pamer (hehehe), sebuah EP, demo, album, apapun itu, kelar di tahun 2011, sesi pembuatan berantakan, lirik bermasalah (banyak pake istilah fisika-kimia yang ribet),sound asal distorsi (hidup stompbox!!), pemasaran yang apa adanya, vokalnya gak berkarakter, pokoknya kalo lo bosen hidup, boleh didengerin ini lagu-lagu kya "Out of Control", "Clause of Rock 'n Roll", "Hysteria Blindness", "1966", ato "Against The Gravity".

ini band gw sendiri, THE CHRONOGRAPH