, , , , , , , , , , ,

I'm a Blues Stringer!!

November 01, 2009 Samuel Yudhistira
Well, agak sedikit curhat tapi gapapa!

Anyway sebagai seorang gitaris cukup handal gw juga punya genre yang sangat gw senengin: BLUES!! yahh blues!

Walaupun bukan ber-basic blues tapi akhirnya gw menyatakan diri sebagai seorang Bluesman. Kenapa? Seru aja dengerin blues! Simpel tapi essential, gampang tapi penuh makna. Bener" seru dahh! Dan akhirnya gw kalo lagi bad mood atawa bete gw langsung nyalain amplifier trus colokin ntu gitar dan langsung maenin ntah itu twelve bar blues ato blue not ato yahh sekedar bernyanyi kecil"an dsb.

Mungkin pas awal - awal gw maen gitar gw amat sangat terpengaruh dengan Nu-metal dulu ngeliat Brad Delson, Tom Morello, ato Wes Borland maen gitar tuhh rasanya seru dan enerjik dan memancing gue untuk belajar gitar dan berkat improvisasi terus - menerus dan latihan gila-gilaan tanpa kenal batas dan lelah, akhirnya jadilah gw sekarang! hehehe


Eniwei lagu blues pertama yang gw denger itu lagunya Jimi Hendrix yang Little Wing walaupun bukan lagu blues yang bener" kontemporer tapi setidaknya neu membuka jalan buat gw untuk belajar blues. Sebelum belajar blues gw sempet mencicipi belajar gitar jazz. Terlalu berat! Bebop, Hard Bop, Fusion, ato apalah itu, pokoknya susah!! Banyak tangga nada, not balok, arpeggio, dan istilah" yang cukup memusingkan buat dipelajarin! hehehe

Tapi influence terbesar gw yang bener" bikin gw amat sangat ingin mendalami blues adalah: B.B. King ama Stevie Ray Vaughan. Gila bener nii orang berdua kalo udah dikasih gitar bener" mematikan!!

Stevie Ray Vaughan (SRV) bisa dibilang rajanya Blues Country dari Texas, sayang dia udah meninggal tahun 1990 gara" kecelakaan helikopter. Mungkin kalo belom dia masih bisa menghasilkan karya" yang canggih dan keren.

B.B. King identik banget sama gitar "Lucille" punya dia... denger" versi tiruannya dah dijual di Indonesia! Dapatkan segera! hehehe Gibson tipe ES kan mahal banget!

Eniwei, sekarang gw agak cukup terpengaruh dengan format power trio blues. Soalnya beberapa gitaris blues idola gw punya band dengna format yang sama. Contoh: Eric Clapton punya Cream, Jimi Hendrix punya Jimi Hendrix Experience, trus Stevie Ray Vaughan punya Double Trouble (walaupun akhirnya ada pianis yang namanya Reese masuk!).

Dan gw bilang ini tuh totally cool! Tiga orang pemain masuk maenin berbagai blue not, bikin orang" pada nganga sambil nganggukin kepala dengan antusias. Man, apa yang lebih baik daripada itu!

Lanjut lagi! Walaupun gw amat terpengaruh sama B.B. King ama SRV tapi gw juga masih dengerin juga gitaris" yang lain kaya Muddy Waters, John Mayall, Jeff Beck, John Mayer, Freddie King, Albert King, dll dah banyak banget. Credence Clearwater Revival juga gw dengerin tuhh! Karena lagu" mereka juga cukup ngeblues.

Tapi walaupun gw dahh cukup lama belajar maen blues bukan berarti gw tuhh bluesman yang jagonya gimanaa githu. Gw juga masih pemula kok! hehehe....

Walaupun cara ngeblues gw pernah dibilang asal" an gw tetep gag peduli. Temen" gw emang kurang ngerti soal blues dan kadang kalo gw ngeband bareng gw berusaha menanamkan virus blues ke mereka tapi tetep ga masuk. Emang, aliran musik itu sakral. Lo gak sembarangan sok tahu! Daripada lo maen setengah" mending gak usah maen sekalian! Baik itu musik jazz (paling banyak orang sok nge-jazz padahal cuman ngerti maen chord 7 doank!!), metal, blues, britpop, rock, ato classic lo harus konsisten dan gag setengah". Karena genre lo itu adalah agama lo!!