My Favourite Mistake: Welcome To SMAN 5 (part 1)

March 19, 2010 Samuel Yudhistira
Tulisan ini gw buat dan gw dedikasikan buat semua temen" gw yang berjuang selama 3 tahun di sekolah yang sama kaya gw, sebuah sekolah tempat suka dan duka kita lalui bersama... Tempat di mana kita memulai suatu perjalanan dan sebentar lagi akan mengakhirinya. Tapi itu bukanlah akhir dari perjalanan kita melainkan suatu lembaran petualangan yang baru dan lebih menantang. Guys, it's yours!!


Juli 2007...

Gw bersiap ninggalin SMP Saint John yang udah gw diemin selama hampir 3 tahun, lumayan banyak peristiwa gila yang ada di sana bersama temen" gw. Dan sekarang gw masuk ke sebuah jenjang yang lebih tinggi: High School!!

Seperti yang kita tahu kalo untuk ngedapetin sebuah SMA Negeri yang bagus dibutuhkan nilai UAN SMP yang bagus pula. Nilai UAN gw waktu itu 25,7 itu artinya dari 3 pelajaran yang diuji gw rata-rata dapet nilai 8. Tapi inget SMP gw itu ada di Bekasi dan entah tersugesti dari mana, gw berniat untuk ngambil SMA Negeri di Jakarta walaupun resiko berada di luar DKI itu sangat tinggi. Tapi yahh, namanya juga udah tekad gw harus berusaha...

Dan tekad gw tersebut mengantarkan gw ke sebuah SMA di daerah Jakarta Timur, SMAN 54.Mengapa? Karena gw dari luar DKI jadi gw harus daftar rayon dulu. Dan waktu itu gw gak sendiri, gw barengan sama temen gw yang juga punya cita" masuk sekolah negeri favorite di Jakarta. Dan itulah awal perjuangan gw...

Desek-desekan, ngantri puanjaang banget,trus adu bacot sama petugas penerima yang dengan terpaksa gw tereakin pake kata" makian extra super gara" gak becus ngurusin dokumen. Kadang gw mikir koq gw berani banget yahh ngenbentak orang yang jauh lebih tua dari gw yang pas itu baru lulus SMP. Bahkan ngomongnya pake "elo" "gua" lagi.
Kalo gw inget-inget gila juga yah gw saat itu! hehehe....

Tapi inget itu baru awal!

Dan perjuangan gw itupun membawa gw ke sebuah SMA di Jakarta Pusat...

SMAN 77...


Bisa dibilang bukan sekolah impian gw tapi mungkin ada banyak faktor yang menyebabkan gw pengen masuk sini. Salah satunya adalah: DEKET AMA KANTOR NYOKAP! hehehe... Jadi agak-agak nyamanlah kalo pulang sekolah trus laper tinggal ke sono minta makan ato kalo tiba" gak ada ongkos buat balik tinggal minta! Unsur efisiensi nih yang berpengaruh kuat.

Gw masih inget banget gw dateng pagi-pagi naek bajaj setelah mampir dulu di rumah sodara gw di daerah Sumur Batu. Trus pas daftar ketemu temen gw si Joseph yang emang dari dulu udah niat banget masuk entu sekolah.

Eniwei, waktu itu gw pertama kalinya melihat sekolah itu dari dekat, sebelum"-nya gak pernah sama sekali karena sekolah yang gw datengin buat obsevasi tuhh sekolah-sekolah di daerah Jakarta Timur (ex: SMAN 102,89,11,dll).
Dan first impression gw terhadap SMAN 77 adalah: gak beda jauh ama sekolah" yang sebelumnya gw "santroni"...


Okelah kita lanjut...


Trus gw ma nyokap langsung mengatur semua hal" yang berkenaan dengan administrasi dan formulir. Waktu itu gw cukup inget SMA-SMA mana aja yang jadi target operasi gw menuju SMA:

1. SMAN 77
2. SMAN 11
3. SMAN 1
4. SMAN 21 => kalo gak salah!
5. SMAN 2

Yakk, SMA-SMA Negeri yang kinclong gw pilih semua! huehehehe... urutannya bener lhoo!

Dan tiba-tiba gw teringat sesuatu...

Map yang gw bawa yang isinya ijasah,STTB,dll ketinggalan di rumah sodara gw! Walah... gaswat tuhh! Akhirnya seekor bajaj jadi korban tereak-tereakan gw ma nyokap yang panik banget lantaran takut entu map ilang. What an accident...

Pas udah beres semua gw tinggal liat hasil pendaftaran hari pertama lewat internet. Karna waktu itu pertama kalinya sistem online diberlakukan buat pendaftaran SMA Negeri di Jakarta. Dan tagihan internet rumah gw bener" jebol gara" online trus buat ngeliat perkembangan hasil pendaftaran gw. Udah kya memantau harga saham dehh!

Dan ternyata baru gw sadari, persaingan mulai gila! Dan perjalanan yang panjang itu mulai menemukan bentuknya... Let's hit the road!!!