Saturday, 8 May 2010

Jazz!

Jazz...

Akhir-akhir ini anak" muda di Indonesia sedang digandrungi dengan aliran musik yang sempat jadi tren buat anak-anak muda di Amerika dan Eropa di awal abad ke 20. Memang sekarang genre musik ini sudah berubah secara revolusioner dengan berbagai adat aturan yang dilonggarkan. Jazz!


Mungkin di era ini semua aliran Jazz dihalalkan! Lo mau maen Swing,Bop,Hard Bop,Fusion,Acid,Free Jazz, terserah elo! Bahkan kalo elo mau maen pake big band kaya jaman dulu juga boleh.

Tapi di Indonesia tercinta ini mulai menjamur para Jazz Poser, atau orang-orang kurang ilmu dan kerjaan yang menyenangi kunci 7 dengan alat musik dan lirik sederhana ditambah beberapa groove dan stroke ala Gene Krupa dan menamai diri mereka jazzer, wtf?

Harus ada yang ngajarin tuhh! Gw bukan menyalahi musisi jazz dan gw berusaha untuk tidak sok tahu soal jazz.

Di Indonesia konsumen musik jazz biasanya dari kalangan menengah ke atas, sehingga menimbulkan "gengsi" tersendiri bagi seseorang untuk mendengarkan musik jazz. Mungkin bisa disamain sama musik classic kalo menurut gw. Tapi gak separah klasik, manusia sok nge-jazz jauh lebih banyak dibandingkan manusia sok-classic. And believe me, those who act like a jazzman or we called jazz poser are not a true jazzman (some people in America called it as cat!).

Padahal kalo bisa dilihat dari beberapa musisi berkedok jazz masa kini, mereka "hanya" mengandalkan groove dari jazz dan mengutamakan spirit jazz tanah air yang sedang menanjak sejak diadakannya sebuah festival tahunan jazz skala internasional.

Emang salah yah?

Gak samasekali! Justru itu bisa dikatakan sebagai sesuatu yang luar biasa, negara kita bisa mengadakan sebuah festival jazz berskala internasional. Tapi anehnya sebagian artis pendukung acara bukanlah artis yang menganut genre jazz. Aneh? ya, cuma mungkin ini cuman usaha untuk menyerap audience aja.

Hmm...

What about me?

Apakah gw seorang jazzer juga atau orang sok ngejazz?

Mungkin beberapa rekaman yang gw punya di rumah bisa berbicara lebih soal itu. Sombongkah?

Nggak!Cuman share doank! not an offense!

Lagian ini bukan punya gw! Punya bokap! Doi emang maniak jazz, 80% kaset/cd/rekaman amatir dari tahun 70-an awal sampe pertengahan sembilan puluhan semuanya jazz. Jadi, jangan heran kalo dia apal betul sama beberapa musisi jazz handal. Tapi mayoritas musisi jazz yang bokap suka beraliran Cool sama Bop

Kebanyakan kaset dan recording yang bokap punya udah uzur usianya! hehehe tahun 70-80an semua. Mungkin cuman Indra Lesmana, Bubby Chen, sama Balawan yang usianya relatif muda! hehehe...


Related Articles

0 komentar: