Wednesday, 24 August 2011

Psychedelic Psikedelia


Hello fellas!

Kali ini gw mau menjabarkan secara ringkas suatu hal yang nge-tren di tahun 60-an, bisa dibilang menggambarkan suatu "manifesti-pikiran" tingkat tinggi yang menyebabkan penglihatan "tidak biasa". Muncul dengan penggunaan obat psikotropika yang menyebabkan penggunanya mengalami rangsangan pikiran tidak biasa.

Yeay... it's psychedelic, man!

You know, generasi bunga tahun 60-an sangat identik dengan hal-hal yang berbau psychedelic. Kata psychedelic sendiri berasal dari bahasa Yunani (psyche, artinya jiwa) dan ( deloun artinya memanifestikan). Secara singkat bisa disebut "manifesti jiwa" ato "soul-manifesting".

Well, setidaknya demikian penjelasan singkat yang gw comot dari sana-sini, mungkin gak bener 100% tapi setidaknya bisa mendekati dah. Setidaknya, psychedelic bisa mencakup banyak hal mulai dari musik,seni,terapi medis, gaya hidup,bahkan literatur.

Untuk contoh seni, bisa dilihat dari background blog gw tercinta ini, sedikit menggambarkan apa yang dimaksud dengan psychedelic art, merujuk pada warna-warna yang muncul dalam halusinasi pengguna mariyuana dan LSD.

Contoh lain yang gw liat ada di cover-cover album musisi era 60-an sampe 70-an awal, kebanyakan masih mempertahankan unsur psychedelic-nya.






Pada bagian musik, wah, amat sangat luas, kebanyakan liriknya merujuk pada sikap anti perang,cinta,pengunaan narkoba, dan anti penindasan. Jujur, era hippies merupakan contoh generasi yang menerapkan gaya psychedelic dalam berbagai bidang. Sehingga psychedelic kerap dikaitkan dengan "flower generation" yang penuh warna dalam arti lain: HIPPIES.

Musik psychedelic yang mengisi generasi bunga ini, terbagi dalam berbagai jenis yang berbeda satu dengan yang lainnya, tapi memiliki satu kemiripan: TUJUAN, yaitu untuk memberikan halusinasi warna pada saat penggunaan narkoba. Ada sumber yang mengatakan kalo "menggunakan" mariyuana itu paling enak sambil dengerin lagu-lagu psychedelic, soalnya "orgasme-nya" lebih terasa.

Setidaknya itu yang orang-orang katakan, mungkin di Indonesia mariyuana (ganja) masih bisa didapat, tapi ada jenis narkoba lain yang sangat identik dengan dunia psychedelic, yaitu LSD (Lysergic Acid Dietthylamide), narkoba yang memberikan efek psikologis berupa cara berpikir yang berbeda, efek mata visual, synaesthesia,dan penglihatan spiritual.

Musik psychedelic sendiri banyak mengambil unsur dari musik yang sudah ada sebelumnya, seperti folk,rock 'n roll, blues, dan pop. Hanya saja, penggunaan efek-efek suara yang merangsang pikiran pendengarnya yang membedakan. Musik psychedelic kurang memiliki akar yang kuat karena hanya muncul sebagai "pelengkap" dari genre-genre yang sudah ada. Ada juga yang menambahkan unsur-unsur Timur dalam musiknya.

Psychedelic folk diawali dari Byrds dan muncul raksasa psychedelic dari San Francisco yaitu Grateful Dead, Jefferson Airplane, Donovan, dan Bob Dylan (The GOD of 60's)

Psychedelic rock, merupakan perpaduan antara efek-efek psychedelic dan musik rock 'n roll, banyak musisi yang bukan murni "psychedelic" tapi memiliki lagu-lagu yang bertemakan dan memiliki aura psychedelic, The Beatles mengawalinya ketika album "Revolver" keluar pada tahun 1966, demikian juga dengan The Doors, The Rolling Stones, Cream, Jimi Hendrix, Pink Floyd, Traffic, The Velvet Underground etc. Mungkin mereka juga yang paling banyak memberikan kontribusi musik di era psychedelic.

Di era modern mungkin musisi-musisi yang masih mengandalkan tema ala psychedelic masih banyak ditemukan tapi mungkin yang paling banyak memberikan kontribusi antara lain Echo and The Bunnymen, The Stone Roses (beberapa pengamat menyatakan mereka banyak mengambil unsur psychedelic dalam sound gitarnya), Blur, OASIS, Tame Impala, MGMT, dll.

Well, mungkin pada era modern ini kata psychedelic bukan lagi istilah dalam terapi psikologis (walaupun masih ada yang menggunakan) tapi lebih ke arah penggunaan kombinasi warna yang berlainan dalam sebuah karya abstrak. Tapi kontribusi musik di dalam dunia psychedelic, tidak akan pernah berhenti, setidaknya sampai sekarang regenerasi masih terus timbul.

Btw, band gw juga baru bikin lagu baru buat band gw The Chronograph, jujur aja banyak banget unsur-unsur psychedelic yang gw masukin ke dalem. Gw kasih judul "Modern Hippie", belom perfect banget sih tapi setidaknya udah gw sering nyanyiin sendiri di kamar.

Just wait and see fellas, gw jamin ni lagu asik buat mabok! hehehe

Eniwei ni ada video tentang beberapa lagu psychedelic yang asik banget, you guys must see this shit out! Really good stuff!


Pictures source *weekenndwars.tumblr.com*

Pictures source *vegvegveg.tumblr.com*


Related Articles

3 komentar:

Gaphe said...

baru tau loh ternyata ada aliran psychedelic gitu-gituan di musik. gaptek soal musik-musik gituan sih, cuman penikmat aja. hahaha..

soal motif psychedelic, koq hampir mirip sama motif daster emak saya yaa. *ditoyor*

jangan-jangan, emak juga penyuka musik rock?. *yihaaaaa

NuellubiS said...

trus lu dengerin sambil nyimneg gak? hhahahahaa

samuel said...

@Gaphe: Wah gile lo mas. Masa disamain ama daster =__=

tapi celana pantai gw motifnya juga sma sih, hehhehe

@Nuel: Wah perlukah dijabarkan di sini?? heheheh