Wednesday, 5 September 2012

Bule Wanna Be

Hola-hola, sodara-sodara...


Berusaha untuk mempertahankan blog ini, walau kadang mualess-nya minta ampun buat nulis barang beberapa kalimat. Kurang banyak inspirasi di sekitar gw, friend! hehehe
Tapi kali ini gw mau ngasih tahu satu hal yang rada-rada gawat. Sering banget dibahas tapi kurang dikritisi oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Timbul satu pertanyaan, "Apa yang ada di dalam pikiran elo pade kalo ngeliat ada bule dengan penampilan masa kini di jalan, anggaplah di mall, apa yang timbul di dalam hati kalo ngeliat itu bule?"

Wuah?
Putih?
Ganteng? (anggaplah itu bule cowok)
Cihuy?
Minder?

Pokoknya semua yang berbau positif nyaris terlontar. Yeah, kebanyakan masyarakat di Indonesia masih menganggap kalo orang dari ras berkulit putih mempunyai derajat lebih tinggi dibanding kita sebagai orang Indonesia.

Gak percaya?

Semua orang selalu mengikuti perkembangan yang terjadi di barat sana. Berdandan ala orang barat, berbicara ala kebule-bulean,dan mengikuti gaya hidup ala orang barat sana. Tanpa sadar kita mematri satu konsep kalo "bule punya derajat lebih tinggi dibanding orang Indonesia"

Jika konsep seperti itu masih ada di dalam hati kita, gw cuma mau bilang, "WAKE UP!!"

Boy, kita itu punya derajat yang sama dengan mereka, kita itu sama seperti mereka, dan mereka tidak pantas merendahkan kita layaknya era kolonial dulu.

Wajar sih, ratusan tahun bangsa ini ditindas oleh bangsa kulit putih, sehingga dari generasi ke generasi tercetak satu bentuk pemikiran yang menyatakan bahwa orang kulit putih punya derajat lebih tinggi dibanding  bangsa Indonesia.

Sehingga pada akhirnya, definisi ganteng dan cantik yang ada di orang Indonesia, harus mencakup satu hal yang cukup inti: PUTIH...
Semua orang mau jadi putih, jgn heran kalo produk pemutih laris manis di Indonesia ini. Jadi buat sodara-sodara yang kulitnya rada gelap dan imut (item mutlak) silakan bersedih hati (termasuk gw.), hehehe, bercanda, friend! Jangan berpikiran sempit kya gitu-lah!! 

Beberapa waktu yang lalu gw sempet ketemu sama orang Inggris, kenalan gak sengaja gara-gara ngomongin bola, dan ngobrol lama sampe ketemu sama topik yang gw sebutin di atas.

Doi juga rada heran kenapa orang Indonesia gak suka sama budaya sendiri dan cenderung meniru budaya yang dibawa oleh orang-orang dari barat sana. Dan makin heran ketika gw cerita kalo orang Indonesia terobsesi untuk jadi sama seperti orang bule sana.

Terakhir, doi bilang ke gw dan temen gw kalo kita seharusnya bangga menjadi diri sendiri, gak usah melakukan berbagai upaya ekstrem untuk menjadi sama seperti orang kulit putih, cintai dan hargailah budaya asli Indonesia, karena itulah yang membuat kita kuat sebagai suatu bangsa.

Oleh karena itu, my friends, banggalah menjadi orang Indonesia, jangan mau direndahkan sama bangsa lain. Kita ini semua sama di dunia, we share the same skies gitu lohh! hehehe :D 

so, folks, cheerio! dadah!! :D 

Related Articles

1 komentar:

1mmanuel'Z-Note5 said...

setuju, bro..... gue malah lebih suka cewek yang kulitnya tanned ketimbang putih pucat.... :P