Thursday, 1 October 2015

David Bowie - The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars (1972)



Panjang yah judulnya, ngetiknya aja rada reep, hehe.


Album ini salah album dengan konsep yang canggih dan superduper mateng bahkan David Bowie sudah punya planning solal album ini waktu ngerekam album "Hunky Dory" setahun sebelumnya. Pertama gue dengerin album ini menjelang masa kuliah gue. Buat gue David Bowie adalah sosok panutan pra-punk yang menyuguhkan sesuatu yang nyentrik,berbeda,dan di luar pola pikir orang pada masa itu.

Ziggy Stardust sendiri sebenarnya adalah tokoh fiktif yang diciptakan Bowie ketika lagi di New York. Digambarkan sebagai seorang rockstar biseksual separuh alien yang bikin lagu tentang isu politik,narkoba, dan sexual exploration. Sudah jelas Ziggy Stardust adalah sebuah bentuk alter ego dari pribadi David Bowie itu sendiri.


Ketika mulai memutar album ini langsung disambut lagu "Five Years" yang menceritakan tentang keadaan bumi ketika mendekati hari kiamat, begitu keren dan apiknya lagu ini sampe dicap sebagai "one of the the greatest album-opening song".

Lanjut lagi ke lagu-lagu favorit gue di album ini kya "Soul Love","Starman","Ziggy Stardust" ato "Suffragette City". 

Huahh pokoke lagu-lagu di album ini rata-rata keren. Gak terlalu berat juga tapi aransemennya tetap kelihatan padat. Musik-musik ala glam rock yang pada akhirnya membuat anak-anak muda terutama di Inggris begitu terpengaruh dengan David Bowie.

Tiba-tiba banyak orang warna-warnain rambut nyentrik,make baju feminim,gaya-gaya flamboyan tapi tetep berontak pokoknya keluar jalur deh sampe pada akhirnya muncul pola yang lebih tegas yaitu punk. Yah, bisa dibilang David Bowie salah satu inspirator munculnya gerakan punk terutama di Inggris. 

Lagu-lagu di album ini kebanyakan menceritakan tentang si tokoh fiktif Ziggy Stardust dari awal di lagu "Five Years" sampe ke lagu terakhir "Rock 'n Roll Suicide".

Buat gue ini sala satu album terobosan sih, di tahun segitu muncul lagu-lagu kya begini yang bisa dibilang nyeleneh secara cerdas. Dan ini adalah album yang mungkin susah untuk dihapus dari sejarah dunia musik. Kenapa? Secara dari cover album aja udah banyak banget musisis lain yang niru konsepnya dan musiknya super duper cerdas tapi menghibur.

Gak salah sih kalo tiap ada list 100 Greatest Album All Time pasti album ini turut menghiasi nominasi. Bukan nomor 1 mungkin tapi tetep artinya karya ini monumental dan pantas dapet apresiasi kya gitu.

Walaupun pada akhirnya Ziggy Stardust tidak bertahan lama, seperti yang "dinubuatkan" di setiap lagunya.

3 Juli 1973, Hammersmith Odeon Theatre, London.

Sebuah pertunjukan yang memukau banyak orang dan nyaris tanpa kritik. Di lagu terakhir "Rock 'n Roll Suicide" tiba-tiba David Bowie mengeluarkan statement yang mengejutkan banyak pihak,"This show will stay the longest in our memories. Not just because it is the end of the tour, but because it is the last show we'll ever do." Ziggy Stardust secara resmi "mati" tapi David Bowie terus melaju.


Related Articles

0 komentar: