Belle and Sebastian: "If You're Feeling Sinister"

September 23, 2015 Samuel Yudhistira
Belle and Sebastian - If You're Feeling Sinister (1996)

Pertama kali gue dengerin album ini waktu masih kuliah dan langsung saja terkagum-kagum dengan lagu-lagu di dalamnya. Jenius!


Salah satu album favorit gue.

Lagu-lagu balada pop yang terkesan ringan dibalut dengan lirik-lirik yang luar biasa cerdas.

Setiap lagu di album ini kalo menurut gue kya cerpen. Masing-masing ada karakternya dan liriknya menggambarkan dengan kuat karakter tersebut melalui lagu.

Temanya?

Gak jauh-jauh dari pergumulan hidup. Pas dengerin lagu-lagu dengan seksama gue langsung bilang, "Wew, ini album paling real yang pernah gue denger," 

Band asal Skotlandia ini emang paling bisa menggambarkan situasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lagu. Puitis tapi ringan walau ringan tapi kuat. Kira-kira begitulah cara yang paling mudah menggambarkan album ini.

Wajar kalo album ini dalam buku "1001  Albums You Must Hear Before You Die" yang ditulis oleh para kritikus musik dunia.

Lagu-lagu yang akhirnya menjadi track yang paling sering gue puter:

1. Get Me Away From Here I'm Dying

Ini salah satu track paling gue suka. Gue masih sering genjrengan nyanyiin lagu ini kalo lagi sendirian. Lagu ini kya menceritakan tentang orang yang udah eneg banget sama kehidupan sehari-hari sampe pada akhirnya dia berusaha untuk menuangkan kisahnya ke dalam sebuah cerita yang sampe pada akhirnya dia sendiri larut dalam cerita yang dia buat dan sadar kalo semua yang dia tulis lama-kelamaan menjadi imajinasi berlebihan.

2. The Stars of Track Field

Have you and her taking picture of your obsession? 

3. If You're Feeling Sinister

Kisah orang-orang yang mencari jalan kehidupan masing-masing dengan jalur edukasi religius maupun cara yang lebih sekuler. Dan ketika menemukan kebuntuan pada akhirnya mereka kehilangan kendali atas diri mereka masing-masing.

4. Judy and The Dream of Horses

Kalo liat review dari blog-blog lain kadang isinya nyeleneh mengenai lagu ini. Memang pesan dalam lagunya bisa diterjemahkan dalam pengertian yang berbeda-beda. Kalo gue menilai lagu ini lebih tentang pencarian diri seorang wanita yang terlalu banyak baca cerita dongeng sampe kebawa-bawa di mimpinya..

Canggih banget ni album. 

Lagu-lagu lain juga gak kalah keren dan bermakna dalam layaknya palung (aish).

Hebatnya ni album selesai dalam waktu satu setengah minggu aja. Dan ketika keluar di tahun 1996 mendadak semua orang mulai memantau pergerakan dari Belle and Sebastian. Yah maklumlah jarang banget ada band muncul dari Skotlandia menghentak belantika musik di Inggris ketika saat itu musik Britpop ala OASIS dan Blur sedang menguasai selera anak muda di Inggris.

Salah satu album favorit gue yang memunculkan inspirasi bermusik gue secara pribadi.