Sunday, 20 September 2009

Catatan...

Hmm...

Gw lagi semangat '45 nih baca salah satu buku catatan paling menghebohkan dan menurut gw bisa disejajarkan sama buku catatan harian Anne Frank. Judul bukunya "Catatan Seorang Demonstran" buku ini isinya tuhh catatan seorang yang bernama Soe Hok Gie, dia seorang yang bisa disebut sebagai pahlawan orde baru yang berhasil menggalang banyak mahasiswa untuk demo dan turun ke jalan buat menurunkan kekuasaan orde lama yang dipimpin Soekarno. Kebetulan buku yang gw punya itu buku cetakan kedua tahun1983, jadi masih "versi asli" dari penerbit LP3ES.Buku ii bener" jujur ngungkapin tentang isi prasaan dari sang penulis tersebut dan cita" Soe Hok Gie dalam membela rakyat kecil bener" tulus. Jarang ada orang kayak dia dan gw bener" kagum dengan smua karya dia.

Tulisan" dia yang biasa dimuat di koran bahkan sangat lantang dalam menentang kebijakan pemerintah kala itu yang dianggap tidak membela rakyat. Dan dengan kehebatan dia dalam berorasi dan intelektualitasnya dia berhasil menggalang kekuatan untuk menurunkan presiden Soekarno kala itu.

Dan setelah membaca buku "Catatan Seorang Demonstran" tersebut gw jadi amat sangat tertarik buat ngebikin catatan serupa. Banyak juga orang dengan catatan mereka yang berhasil menarik perhatian dunia yang bahkan mereka sendiri tidak sadari kalau mereka sudah berhasil mencatat sejarah yang tak ternilai harganya.

Dan catatan Soe Hok Gie amat sangat menginspirasi gw dari sejak gw SMP. Masa transisi gila-gilaan waktu itu dan gw berpedoman pada sebuah buku yang cukup extreme buat anak seusia gw waktu itu. Gw suka dengan cara Soe Hok Gie mengolah catatan, dan pikiran" yang dituangkan ke dalam catatan miliknya juga sangat menggugah hati.

Ketika orang mempertanyakan ke-"Indonesiaannya" dan mengenai problema cinta semua dia tulis secara lugas dalam catatan. Walaupun dia hidup dalam kesepian dan menjalani hidup secara skeptis (hal yg gw ga suka dari buku ini!) tapi sebagian besar catatan itu amat sangat bermakna. Kadang juga dengan catatan itu gw juga bisa ngebayangin situasi Jakarta tahun 50-60an yang dijelasin cukup rinci di dalam catatan.

Dan hal tersebut pengen banget gw lakuin dalam kehidupan gw, karena juga gw ngerasa kehidupan yang gw alami dan jalani penuh dengan kebimbangan dan absurd. Artinya, selama ini hidup gw terlalu penuh dengan warna sehingga terkadang membuat semuanya jadi ga bermakna. Bukannya hidup gw ga punya arti! Gw bukan orang yang skeptis dan pesimis menjalani kehidupan, gw sudah punya tujuan dalam hidup sehingga gw hanya tinggal mengikuti jalur tersebut dan Tuhan yang mengatur.

*Kalo iman lo belom kuat jangan baca buku ini!*

Eniwei selain catatan Soe Hok Gie gw juga lagi baca kumpulan cerpen Ernest Hemingway yang judulnya "The Fifth Column". Ceritanya bagus. Ditulis oleh Ernest Hemingway dengan latar belakang Perang Saudara Spanyol tahun 1938. Dari buku itu gw jadi diajak serasa gw tuhh berada di Madrid tahun 1938 dan melihat dengan sendiri situasi rakyat sipil di waktu perang. Man, it's totally awesome!

Selain itu, gw juga udah selesai juga ama "kitab suci" kaum Nazi: Mein Kampf. Katanya sih buku yang ditulis ama Adolf Hitler ini bertujuan buat propaganda kaum Nazi terhadap rakyat Jerman sehingga menimbulkan kebencia terhadap kaum etnis non-Jerman. Setelah gw baca ampe tuntas gw emang menemukan cara berpikir Hitler mengenai kebanggaan dirinya sebagai orang Jerman dan dia berusaha membuat orang Jerman yakin akan kebanggaan mereka sebagai orang Jerman sehingga membuat orang yang bukan Jerman harus dimusuhi. Ini juga termasuk catatan gila yang berhasil menimbulkan sebuah perang besar yang ditulis Hitler di penjara tahun 1920-an.

Berarti catatan harian itu terkadang bisa menjadi sesuatu yang menggemparkan. Contoh paling simpel catatan harian Anne Frank yang ditulis dari tahun 1942-1944 dan meceritakan tentang kehidupan orang Yahudi di Belanda yang dikejar" oleh tentara Nazi dan catatan tersebut menyimpan nilai sejarah yang amat berharga.

So, apakah gw akan mulai menulis catatan" kehidupan gw?

Sapa tahu aja suatu saat orang perlu! :)


Related Articles

0 komentar: