Sunday, 6 December 2009

The Doors: influence gw!!



The Doors salah satu band dari Amerika Serikat yang melegenda banget dan jadi influence buat banyak musisi selanjutnya. Meledak berkat single Light My Fire dari album pertama mereka dan jadi hits di radio". Bahkan sangat sering diputar di radio" pada masa itu. The Doors dibentuk tahun 1960 di Los Angeles. Berawal dari pertemanan antara Jim Morrison (vocal) dan Ray Manzarek (keyboard) di UCLA, universitas di Los Angeles. Lalu mereka membentuk sebuah band setelah Robby Krieger (guitar) dan John Densmore (drum). Nama The Doors diambil oleh Jim Morrison yang mengutip ucapan seorang penulis bernama William Blake, "If the doors of perception were to be cleansed everything would appear to man as it is, infinite," Dan album pertama mereka "THE DOORS" langsung mencuri perhatian dan meraih penghargaan.

Sebenernya gw juga turut mengagumi mereka sebagai musisi karena lagu" mereka yang enak didenger,lirik puitis yang agak sulit dimengerti, dan yang paling penting adalah aksi panggung Jim Morrison dan suaranya yang bener" penuh karisma memberi andil penting dalam sejarah musik. Bahkan Robert Plant vokalis dari Led Zeppelin mengakui kalo salah satu influence dia dalam bernyanyi itu Jim Morrison.

Termasuk gw! Gini" gw vokalis juga dan gw amat sangat mengagumi penampilan dan aksi panggung yang dibikin ama Morrison. Lagu" The Doors kayak Light My Fire,Alabama Song,I Looked You,Hello I Love You, ama Break on Through (to the other side) bener" menjabarkan dengan jelas karakter suara Jim Morrison yang maskulin dan penuh karisma sehingga bisa mempengaruhi pendengarnya.

Walau Jim Morrison udah lama meninggal dan The Doors juga udah bubar setelah album ke 5 "L.A. Woman" ditambah dengan tewasnya Morrison di Perancis tapi penggemar mereka masih seabrek! Ditambah lagi dengan lagu,semangat, dan band" yang ter-influence ama mereka yang nampaknya masih hidup sampe sekarang

Related Articles

0 komentar: