Monday, 7 December 2009

Rusaknya Mentalitas Bangsa

Iringan lagu blues...

Secangkir kopi....

Komputer yang menyala...

Seorang gila di depannya...

Itulah keadaan gw saat posting kali ini

Gw mau kasih tahu tentang betapa rusaknya mental bangsa kita saat ini. Bener" parah sesuai dengan penglihatan gw sepanjang perjalanan gw dari rumah ke sekolah.

Kenapa?

Sebenernya yang mau gw omongin itu masalah anak jalanan a.k.a. pengemis ynag bertebaran begitu banyak di perempatan jalan ibukota Jakarta ini dan jumlahnya meningkat. Artinya: Semakin banyak orang miskin yang ada di Jakarta ini. Dan salah satu hal yang kurang diperhatikan adalah: "MENTALITAS ANAK JALANAN UDAH RUSAK PARAH!!" Bokap gw juga mengakui hal tersebut waktu ngeliat pengemis yang nyamperin gw ma bokap pas beli sate.

Mental anak" kecil yang disuruh buat minta duit ma orang lain secara terus-menerus mengakibatkan satu hal yang pasti: Mereka gak bakal bisa berdiri sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga alias minta-minta doank! Dan yang lebih parah orang tua mereka tuh kya gak peduli bahkan sengaja memerintahkan mereka buat cari duit lewat cara ngamen ato minta" di perempatan. Memilukan sekali... Anak" yang harusnya bermain dan belajar di rumah haru bertarung di jalanan beraspal yang gak kenal ampun demi perut mereka.

Puncaknya?
Pulang sekolah tadi sore gw sempet berhenti di perempatan Cempaka Mas. Dan ada satu pemandangan yang cukup mengganggu gw pas berhenti.

Sebuah mobil Ni**an Se**na berhenti di depan pos polisi. Trus pintu penumpang sebelah kiri tiba" dibuka dan secara serentak semua pedagang asongan,pengamen,pengemis,tukang ngebersihin kaca jalanan,dan anak" jalanan yang mangkal di situ langsung berlarian secara liar dan brutal dan ngerubungin ntu mobil yang ternyata lagi bagi" makanan secara gratis buat mereka.

Tapi...

Cara mereka buat dateng ke sana bener" keterlaluan, gw bahkan sempet ngeliat salah satu anak (umurnya sekitar 7-8 tahunan gitu) hampir ketabrak mobil yang melaju di perempatan pas lampu ijo cman gara" mo ngambil ntu jatah nasi... tragis... mental anak" Indonesia itu mental minta"!! Memalukan! Bagaimana bangsa ini mau maju kalo generasi penerusnya bermental minta" seperti itu?

Gw jadi inget salah satu kejadian waktu gw kecil. Waktu itu gw pulang belanja ma nyokap di sebuah mall dan pulangnya kita naik taksi. Pas di perempatan githu ada anak kecil yang minta" sambil gendong anak balita (kyanya adeknya). Trus nyokap tiba" ngambil sebungkus biskuit (jatah gue!!) ama air mineral botolan trus buka kaca dan ngasih itu ke anak yang minta" tadi. Dan anak itu girangnya bukan main! Dia langsung bilang "Terima kasih!" trus lari" ke trotoar dan buka ntu biskuit dan makan bareng adeknya. Gw cman bisa nyaksiin kejadian itu sambil nganga... Nyokap ngeliat ke gw dan bilang, "Bersyukur kamu masih bisa hidup enak!"

Dari kejadian itu gw sekarang niat banget buat bisa nolong orang" kya mereka...

Related Articles

0 komentar: