Sunday, 24 January 2010

Neo-Classical Metal, A Rock Opera

Neo Classical Metal ntu adalah salah satu sub-genre yang berasal dari musik rock. Kebanyakan terinspirasi dari musik classic yang muncul pada abad pertengahan dan mengalami improvisasi melalui instrumen-instrumen moderen, kebanyakan menggunakan gitar electric. Jadi definisi singkat tentang Neo-Classical Metal itu adalah penggabungan antara musik classic abad pertengahan dan musik rock moderen.

Biasanya gitaris neo classic identik dengan teknik "shredding", yaitu pergerakan perpindahan antar not pada gitar dengan kecepatan tinggi. Jadi dibutuhkan teknik dan kecepatan yang tinggi untuk dapat menguasai Neo Classical Metal.

Kebanyakan para gitaris mendapat inspirasi dari virtuoso classic seperti Nicollo Paganini, Frederick Chopin,Wolfgang Amadeus Mozart,J.S. Bach, dll. Bahkan beberapa lagu mereka diimprovisasi atau diaransemen ulang oleh para gitaris dengan menggunakan istrumen gitar.

Perkembangan teknik neo classic diawali pada tahun 60-an akhir di mana Heavy Metal mulai lahir, dan nama yang harus dicatat sebagai pengembang Neo Classical Metal adalah Ritchie Blackmore, Uli Jon Roth, dan Randy Rhoads (my favorite!). Di mana para gitaris tersebut menemukan fakta bahwa tangga nada blues yang selama ini menjadi hukum wajib bagi para gitaris rock masa itu terlalu terbatas. Dan mereka melakukan eksplorasi dengan memasukkan unsur classic ke dalam teknik permainan mereka. Hasilnya? Bisa dilihat pada lagu Deep Purple "Highway Star" di mana Ritchie Blackmore memasukkan unsur classic dalam solo gitarnya, lagu band Blizzard of Ozz yang berjudul "Crazy Train", Randy Rhoads turut menunjukkan kualitasnya dalam solo gitarnya pada lagu tersebut.


Memasuki tahun 80-an musik Heavy Metal mencapai puncaknya. Lalu bermunculanlah para virtuoso" gitar yang juga turut membangun perkembangan musik Neo Classical Metal. Band-band NWOBHM (New Wave of British Heavy Metal) juga menambahkan unsur classic ke dalam lagu" mereka. Contoh: lagu Iron Maiden yang berjudul "Phantom of The Opera" merupakan contoh paling nyata.

Puncaknya:

Seorang gitaris asal Swedia yang bernama Yngwie Malmsteen mengeluarkan album fenomenal "RISING FORCE" pada tahun 1984 yang langsung mengejutkan dunia musik rock kala itu. Maka Neo Classical Metal langsung mendunia. Dan banyak pula bermunculan gitaris-gitaris beraliran serupa di berbagai belahan dunia, seperti Paul Gilbert,Jason Baker,Marty Friedman,dan Vinnie Moore. Dan Neo Classical Metal menjadi teknik wajib bagi seluruh gitaris.

Sekarang teknik Neo Classical Metal masih tetap ada dan terus mengalami perkembangan di berbagai bagian dunia. Muncul pula banyak band Metal yang turut mengusung teknik Neo Classic.

Dan sampai kapanpun nampaknya teknik yang menuntut kecepatan,latihan keras,dan skill yang tinggi tersebut tidak akan pernah mati....

Related Articles

0 komentar: