Thursday, 28 January 2010

Try Out: Ajang Penghancuran Mental

28 Januari 2010

Try Out, semacam ajang pemanasan sebelum UN buat anak" SMA, SMP, ato bahkan SD yang bakal ngikutin UN, emang sih ntu semacam evaluasi buat anak" supaya dapet gambaran mengenai soal" UN yang bakal keluar.

Mungkin banyak yang menyangka kalo soal try out ntu jauh lebih gampang dibanding soal UN yang nanti bakal dihadapin. But, it's even worse... Kalo gw ngebandingin soal" UN tahun sebelumnya dengan soal" try out, jauh lebih susah soal try out. Dulu emang banyak dibilang kalo soal try out itu dua kali lebih susah dibanding dengan soal UN. Mungkin ntu cuman hoax tapi setelah gw ngeliat dan ngebandingin kayaknya ada benernya juga tuh!

Dan kadang malah hasilnya nyakitin!

For example:
Try Out kemaren, gila soal matematika itu susah banget!! Parah! Serasa bego banget gw! *bukannya emang bego??* Mungkin dari 40 soal gw cman yakin 10-15 soal doang yang bener. Ntu juga perkiraan gw! huhuhu.... Sadis banget sihh bikin soal!!

Tapi untung soal akuntansi yang tadinya gw kira bakalan susaaaah banget taunya malahan gak terlalu parah! hmmm...

Dan pelipur lara gw cman pecel yang biasa nongkrong di depan sekolah gw yang rasanya ueenaakk bangeet!! *promosi*

Ok, mungkin gw mau berargumen tentang dampak yang terselubung mengenai try out. Mungkin terkadang banyak yang gak merhatiin tapi buat gw, pas gw ngeliat hasil try out yang sebegitu ancurnya malahan bikin gw ngedown! Mending gak usah ditaro di papan dehh! bikin maluu!! hehehe...

Walaupun emang hasil TO gw gak terlalu buruk tapi gimana dengan mereka yang nilainya ancur berantakan kya sambel pecel! Kasian kan?

Emang sihh tujuan awal ntu nilai dipajang biar yang dapet nilai jelek lebih terangsang buat belajar. Tapi inget! Gak semua orang sama, bisa jadi ntu orang langsung down dan parno pas ngeliat hasil kya githu dan langsung dapet bayangan tentang hasil UN-nya yang mungkin bisa aja senasib dengan hasil Try Out: TIDAK LULUS!

Dan walhasil doi jadi gak konsen buat belajar. Karena itu partisipasi guru mengenai persiapan mental siswa harus jadi perhatian khusus...

Well, let's hit the road! Face UN with our brave hearts! Study hard is the key!!

Related Articles