Saturday, 27 March 2010

Jakarta Demam Diskon!!

Akhir-akhir ini penduduk Jakarta nampaknya nemuin fenomena baru ato bisa dibilang "mainan" baru. It's Called: DISCOUNT! atawa diskon atawa korting. Bneran dehh, saking addict-nya ngedapetin sebuah barang dengan harga yang "miring" orang-orang rela ngantri ato desek-desekan ato ampe saling dorong. Bener" liar deh! Udah kaya moshpit! Tapi apakah gw salah satu orang yang rela buat ngantri panjaaaaang banget buat ngedapetin sesuatu dengan harga yang abnormal? Jawabannya: YAA!! *surprised*

Darimana gw tahu kalo gw termasuk Discount Addict?

Dari beberapa acara diskon gede-gedean yang diselenggarain oleh beberapa mall ato emang dari pabriknya langsung. Tapi kebanyakan yang gw datengin tuh bukan baju/tas/sepatu/sendal branded yang didiskon gila.

Gw kurang tertarik sama fashion...

So, gw kebanyakan dateng ke sebuah pagelaran diskon buku ato komputer. Dan emang seperti yang gw bilang di atas, orang-orang di Jakarta emang getol banget sama yang namanya diskon. Gw gak tahu dehh kalo di kota ato di negara laen. Menurut pemantauan gw sihh, kayanya emang rata-rata orang di seluruh dunia itu sangat "menikmati" membeli suatu barang dengan harga dibawah normal.

Buktinya: *BARU SAJA TERJADI*

Ok, Sabtu pagi yang cerah, gw sarapan sambil baca koran dan tiba-tiba di sebuah halaman mata gw tertuju pada sebuah iklan gede didominasi warna merah. Ternyata Toko Buku Gramedia baru ngebuka cabang di MOI, Kelapa Gading. Dan semua barang bakal didiskon 30%!! Dan iklan tersebut langsung memancing nafsu gw buat ngeluarin dompet gw dan ngitung duit.

Dan setelah semua urusan gw selesai (CAPEKK BANGETT!!) gw langsung terbayang suasana toko buku yang indah,rapi,dan tertib.

But unfortunately...

Pas gw menjejakkan kaki di lantai 2 MOI langsung terlihat situasi yang "sangat tidak MOI". RAME BANGEEET!!! GILA! NI NGANTRI BERAS APA BUKU!!!! Gw hanya bisa tersenyum najong...
Dan setelah milih beberapa buku gw langsung mencari kasir... tapi yang temukan adalah antrian yang panjang banget (uler naga kalah dehh!) ampe nutupin jalan. Setelah gw telusuru ternyata itu adalah: ANTRIAN KASIR!!! WTF?? Dan yang lebih gila, dari 6 kasir yang ada semuanya ngantri dengan jumlah orang yang ngatri rata-rata 40-an oranglah! ckckck...

Hal ini mengingatkan gw betapa menderitanya gw pas ngantri dufan waktu diskon tiket 50%. Buat naek satu wahana ngantrinya 2 jam trus di atasnya cuman 1 menitan (gak nyampe malah!).

Gw gak kebayang tuhh orang-orang yang ngantri di Senayan City ampe berlantai-lantai cuman buat ngedapetin sebuah sendal karet yang bolong-bolong bernama Crocs, sebuah sendal asal Kanada yang lagi ngetren dan terkenal dengan harganya yang "WOW!". Sebegitu inginnya kita memiliki sebuah barang branded supaya dipandang "lebih" di masyarakat sehingga kita tuhh rela buat ngorbanin rasa capek dan kenyamanan kita. Demi sendal...

Ok, gw gak menganggap orang yang beli ato ikutan ngantri tuhh sebagai orang yang jelek attitude-nya ato orang yang gak pedulian, tapi emang mental kita sebagai manusia itu mendorong kita untuk mendapatkan semua keinginan kita apapun caranya. Jadi sebenernya jangan heran kalo emang ada orang-orang jahat yang ngerampok ato nyuri buat ngedapetin apa yang dia mau.

Sebenernya intinya cuman pengendalian diri doank...

Lagian bukan cuman orang Indonesia doank yang demen ama sale tapi orang-orang di belahan dunia laen juga pada demen.

Kata nyokap agw aja di Australia dia ama tante gw kalo mo beli bensin nyari yang sale... hehehe


Related Articles

0 komentar: