Ride Me All Night Long Part II

September 08, 2010 Samuel Yudhistira
Lama nian tidak nge-post...

Akhirnya gw ngepost juga... lanjutan dari postingan yang kemaren nih, enjoy folks!

Well… gw kembali menceritakan beberapa kegilaan gw bersama kendaraan yang pernah gw naikin, kendarain, atau gw tumpangin. Postingan sebelumnya udah cukup menjelaskan hobi absurd gw maen skateboard dalam posisi gokil dan mencoba sukses dengan inline skate punya orang, semua itu ditambah dengan kedodolan gw yang rasa-rasanya justru malah menambah beban penderitaan gw… -___-

So, dalam postingan kedua sekuel paling tolol abad ini gw bakal ngasih tahu lagi beberapa kejadian tolol yang gw alamin dalam hidup gw.
Yeahh this is my life, my own words I guess!

Actually gw sebenarnya gak pernah sekalipun serius dalam mendalami permainan ekstrem kaya skateboard,inline skate, ato BMX, tapi karena kebetulan ada temen gw yang mendalami dan kebetulan punya gears yang diperlukan justru malah menggelitik gw untuk mencoba.

Contoh: Gw punya temen yang bisa maen biola, waktu itu gw SMP dan doi emang lagi gandrung banget les biola, kebetulan doi bawa biolanya ke sekolah karena disuruh ama guru kesenian gw, kebetulan anak-anak kelas gw belom pernah liat tuh yang namanya biola secara riil! (dalam kata lain: NORAK!). So, pas doi nenteng-nenteng case ntu biola ke dalem kelas kontan aja satu kelas pada ngerubungin doi kaya anak SD kalo ngeliat tukang gimbot di depan sekolahan…

Dan walhasil semuanya pengen megang dan sekedar gesek-g. So, pas doi nenteng-nenteng case ntu biola ke dalem kelas kontan aja satu kelas pada ngerubungin doi kaya anak SD kalo ngeliat tukang gimbot di depan sekolahan…

Dan walhasil semuanya pengen megang dan sekedar gesek-gesek ala kadarnya entu biola, karena gak ngerti maen jelas aja suaranya gak keruan sama sekali alias fales! Dan yang lebih buruknya entu biola senarnya malah putus satu! Nah lhoo!! Untung senarnya dijual di took terdekat. Hehehhe

PS: itulah akibat norak ditambah rasa ingin tahu berlebih… Btw yang mutusin senarnya bukan gw lhoo!

Sama kasusnya kya skateboard laknat dan inline skate maut yang gw bahas di postingan gw sebelumnya… it’s a real true story, man!

Dan pada kasus gw kali ini gw mo nyeritain kegilaan gw dengan sebuah kendaraan beroda dua berantai tunggal berpedal dua, yak SEPEDA atawa SAPEDA atawa BICYCLE!

Bisa dibilang gw naek sepeda udah lama banget,sekitar 9 tahun, sampe SMP gw masih naek sepeda lhoo!

Dan sejarah pembelajaran gw naek sepeda juga banyak memakan korban ngakak akibat kegilaan gw. Well, dulu gw waktu baru bisa naek sepeda itu pertama kali make sepeda warna ijo dengan dua roda bantu, yang ada di samping tuh jadi biar gak jatoh. Dan di kala anak-anak laen udah make dua roda gw Nampak sedikit terlambat jadi masih make 4 roda. Honestly I was a coward, gw terlalu takut buat jatoh dulu tapi kekuatana gengsi gw Nampak lebih tinggi dari rasa takut gw jadi gw nyoba dulu sepeda temen gw, Albert. Setahun lebih tua dari gw muka oriental tapi anaknya gokil banget! Gw pinjem sepeda doi, trus doi bilang “Udah langsung genjot aja kenceng-kenceng nanti juga gak bakalan jatoh,” it was pumped my spirit up, pede gw langsung naek tinggi banget…

Dan disertai dengan doa ngasal gw langsung kayuh dah ntu pedal sepeda, dan it works!! Yeee gw bisa naek sepeda roda dua! Yeeee…. Suddenly…. Gw tau-tau kehilangan keseimbangan dan secara sukses jatoh dengan luka di lutut… buset dah…

Walaupun akhirnya gw lancer setelah selama beberapa minggu gw berguling-guling di jalanan beraspal..hiks…hiks…

Well, akhirnya gw lancar naek sepeda dengan dua roda dan tanpa roda pembantu sama sekali. Dan kembali ketololan terjadi, gw inget waktu itu gw kelas 2 SD, seorang bocah periang yang setiap jam 4 sore keluar dengan sepeda ungunya menebar teror di komplek. Sore itu gw inget banget sepeda gw habis diserpis ama bokap dan rasa-rasanya itu enteng bener ngayuh sepeda ntu, dan tabiat buruk manusia adalah ketika sesuatu bertambah cepat dan cepat dia akan lupa cara untuk berhenti, like I did…

Gw kebut dah ntu sepeda muter-muter komplek, pokoknya berasa pembalap pro dah! Udah githu pake acara niru suara motor balap pake gelas aer mineral plastic yang disangkutin di roda belakang, jadi suara sepeda yang keluar mirip kya motor balep (jama SD banget!!). Trus gaya-gayaan pake acara nunduk biar disangka pembalap beneran…

Dan tololnya gw, pas perempatan deket rumah gw membelok tajam tiba-tiba di depan gw ada motor tau-tau nongol dari arah berlawanan, seorang bapak lagi boncengin ibu-ibu yang berseragam, dari seragamnya keliatan kalo doi itu guru, langsung aja sepeda gw tanpa berdosa menabrak entu motor dan ajaibnya, malah motornya yanh jatoh!! Can you believe that??!! Sepeda nabrak motor malah motornya yang jatoh! Ckckckck…Dan dengan muka innocence gw tatap entu dua orang yang terlempar dari motornya. Bapak yang bawa motor malah mo ketawa lantaran bingung kenapa motor yang jauh lebih gede ditabrak ama sepeda mungil dengan seorang anak kelas 2 SD di atasnya bisa roboh setelah ditabrak??

Hanya Tuhan yang tahu…

Dan uniknya guru yang diboncengin dan jatoh itu adalah wali kelas kakak gw…

Another story, kalo urusan sepeda kejadiannya banyak banget!

Dulu gw baru boleh maen jam 4 sore, sohib-sohib gw jaman SD tuh Albert,Andy,Luki. Tiap sore pasti bakal meluncur di atas sepeda masing-masing pas jam maen.

Suatu hari gw berempat rencananya mau balepan sepeda. Treknya muterin jalan dari rumah gw trus sampe ketemu rumah gw lagi, kebetulan jalannya kalo diterusin bisa ngebentuk lingkaran jadi kyanya cocok banget buat dijadiin arena balapan.

Setelah ngumpul di start (waktu itu rame banget!), anak-anak yang laen pada ngitung startnya satuuu…. Duaaaa.. tigaaaaaaaaa!! Spontan gw berempat langsung ngayuh sepeda masing-masing dengan kekuatan penuh! Saling kejar-kejaran tapi ternyata kekuatannya seimbang tuh soalnya udah mau satu puteran penuh masih pada saling nempel ketat.

Dan kecelakaan gokil pun terjadi…
Pas udah mau nyampe finish tau-tau si Andy dipepet ama Luki kebetulan doi paling pinggir dan dipepet makin ke kiri di mana ada got menganga, ehh tau-tau aja si Andy nyemplung dengan sukses ke dalem got, bener-bener sukses soalnya seluaruh badan ampe rambut-rambutnya juga penuh sama isi got yang black without sugar itu! Hehheehhe gw ngingetnya aja ketawa… Dan yang bikin makin sukses itu sepedanya bener-bener kevcelup dalem got! Yang keliatan cumin sadelnya alias tempat duduknya doank! Stang sama bodinya bener-bener nancep di dasar got! Hehehehe, kakak gw akhirnya dengan baek hati membiarkan si Andy mandi di rumah gw, disiremin pake shower! Attaboy, fella!! Si Andy ini salah satu temen kecil gw yang ampe sekarang masih kontak sama gw kebetulan pas bimbel gw satu tempat bimbel ama dia.

Hmmm masih banyak banget kejadian tolol gw bersama sepeda…

Memasuki masa SMP… Gw masih setia naek sepeda, dan masanya anak-anak Extreme BMX di daerah gw, kebetulan sepeda gw itu bukan sepeda BMX tapi sepeda gunung, tapi lantaran pengen ikut-ikutan anak-anak BMX, gw hajar aja dah! Temen gw yang jago maen Extreme Style di sekolahan gw ada dua orang Sandy ama Yudhis, pokoknya gokil dah dua anak ini, apalagi si Sandy, sampe-sampe sepeda emaknya yang pake keranjang dipake buat standing-standingan pulang sekolah, gila dah ni orang.

Well, pas jaman entu gw emang pulang sekolah selalu bareng-bareng temen-temen gw naek sepeda, dan satu kejadian tolol terjadi pas gw kelas 2 SMP…

Konvoi-konvoi dengan becanda-becanda tolol ala gw dan anak-anak, pokoknya asal ada yang aneh di jalanan langsung diceng-cengin. Dan dampaknya bener-bener tolol.

Pas lagi pada becanda pulang sekolah dari arah berlawanan muncul seorang tukang becak yang menatap tajam kea rah sekumpulan bocah-bocah SMP yang ketawa-ketiwi ampe mulut berbusa. Dan dengan sangat cerdas salah seorang temen gw yang bernama Timothy tau-tau nyeletuk sambil ngeliatin entu tukang becak, “Ngapain lu ngeliatin gw?” dan gobloknya anak-anak malah ketawa (termasuk gw sih,,,). Dan tiba-tiba bagai disundut rokok di pantat entu tukang becak langsung putar haluan ke arah kita dengan kecepatan penuh sambil tereak-tereak kaya Tarzan manggil temen, walhasil gw dan anak-anak cabut kalang kabut sambil mencar biar entu tukang becak keder…

Nobody was caught tapi jadi pelajaran buat kita
Jangan remehkan kecepatan sebuah becak kalo lagi kosong… Becak bisa nge-drift….. stamina tukang becak itu sangatlah gokil!.... Jangan ngomong sembarangan….

Well… nampaknya masih akan berlanjut semua kegilaan ini…

Gw jadi inget jamannya masih suka ke warnet buat maen game online. Gw selalu ama temen gw Piter, doi punya sepeda juga rada canggih dan ajaib, dan suatu hari gw main di warnet ama doi. Doi markirin sepeda di luar warnet (ya iyalah! Masa mo di dalem!) dan langsung bergila-gila di dalam warnet.

Sekitar 5 jam gw maen mata udah keliyengan ajaa… Trus keluar warnet kaya orang mabok, efek terlalu lama di depan layar yang berwarna semunya jadi kelihatan berwarna! Hehehe…

Kok ada yang aneh dari parkiran… Sepeda si Piter jadi dua! Gak kok! Cuman kebetulan ada sepeda yang mirip parkir persis di sebelah sepeda si Piter. Tanpa basa-basi doi langsung nyamber salah satu dari sepeda tersebut.

Sepanjang jalan kenaehan terjadi… Kok sepeda jadi kinclong? Masa iya dicuciin ama tukang parkir pas kita lagi maen di dalem warnet? Enak bener?? Trus karat-karat di stang ilang? Trus katanya si Piter jadi makin enteng ngayuh sepedanya. Ada apa gerangan nihh??

Dan ternyata sepedanya ketuker! Langsung aja kita balik ke warnet dan bener pemilik asli sepedanya udah ada di depan warnet dengan wajah bingung lantaran sepeda disulap jadi lebih buruk… wah kalo si Piter orang jahat mah udah dibawa cabut dah entu sepeda! Kebetulan aja lagi bae… hehehehe


Hmm… kalo diinget-inget jaman gw masih naek sepeda banyak juga hal-hal konyol yang sangat-sangat unik kalo diinget-inget.

Gw inget waktu jaman SD banyak anak-anak yang suka naek sepeda sambil lepas tangan trus jalan sambil melengos nyantai tanpa kedua tangan di stang. Damn! It was cool for me! Dan something cool harus didapetin dengan sacrifice yang cukup lumayan, kebetulan gw termasuk dalam kategori uncool pada masanya. Berbekal kenekatan tingkat gawat ditambah sebuah sepeda kampret gw pun memberanikan diri buat nyoba belajar naek sepeda sambil ngelepas kedua tangan. Hmmm… Gw awali dengan lepas satu tangan, easy for me, trus perlahan-lahan tangan yang satunya gw lepas, langsung gw lepas, saking senengnya gw sampe lupa kalo ada satu hal yang belom gw pelajari, yaitu: “Gimana cara beloknya kalo tangan gak ada di stang” dan sebelum gw menyadarinya gw udah tergeletak di jalanan alias jatoh dengan sangat sukses dan mulus. Akibat meniru tren bodoh pada masanya.

Kendaraan selanjutnya yang menurut gw penuh dengan kegilaan-kegilaan ala gw adalah Berbagai-bagai macam angkutan umum yang seliweran di jalanan ibukota. Mungkin bangsa-bangsa-nya angkot dan bis kali yeeh. First of all, Angkot, kalo gw liat di tourist book-nya Jakarta definisi angkot itu disebut “Public Van”, yepp! Sebuah kendaraan yang naeknya gratis turunnya bayar sehingga kadang timbul ide gimana caranya supaya naek gratis turun juga gratis, hehehehe. Mungkin kalo definisi gw lebih tepatnya angkot itu disebut sebagai “Riot Van”, penuh karut marut soalnya. First impressions gw kepada sebuah angkot itu yang pertama adalah: Panas,ugal-ugalan,bobrok,bahkan kadang sedikit rasial yaitu sopirnya kebanyakan orang Batak tapi yang jelas “Riot Van” ini sama sekali mengesampingkan factor kenyamanan dilihat dari segi bentuk dan interior yang terkesan barbar.

Pengalaman gw dalam naek angkot mungkin yang paling berkesan…..

Banyak sih… paling ngeliat tukang ngamen,oaang yang ribut gara-gara ongkos,tukang copet,penumpang nyasar,tukang baca puisi gak jelas,pedagang asongan,dan bahkan tukang obat! Beneran tukang obat lhoo.

Kalo gak salah waktu gw awal SMA tuh di daerah Kelapa Gading… Pas gw lagi berbengong ria di atas sebuah mikrolet menuju rumah tiba-tiba naiklah dua orang yang penampilannya menurut gw sama sekali gak mencirikan orang-orang aneh bin ajaib, tau-tau salah satu dari mereka yang rada gendut ngeluarin semacam brosur-brosur kesehatan dan pengobatan alternative yang dibagiin ke penumpang termasuk gw, juju raja gw gak impressed sama sekali jadi entu brosur sama sekali gak gw baca tapi perhatian gw justru tertuju pada orang yang bagiin brosur tadi karena mulai mendekati seorang bapak-bapak yang anehnya malah sangat tertarik dengan brosur tadi trus si pembagi brosur mulai memijat-mijat tangan si bapak tersebut sambil ngoceh-ngoceh gak keruan kya gini, “Wah, bapak gulanya tinggi nih yah, ini kalo dipijit di sini kalo sakit berarti gulanya tinggi, kalo di sini asam urat, bla..bla…bla…bla,” dan dengan muka polos+cengok entu bapak pasrah aje tangannya dipijit-pijit, dan perhatian gw kembali tertuju pada orang yang tadi naek barengan sang pembagi brosur yang duduk di sebelah bapak yang tadi dipijit, jadi sekarang si bapak yang dipijit itu diapit ama sang pembagi brosur dan orang yang naek barengan sang pembagi brosur, dan ternyata selagi si pembagi brosur mijetin entu bapak, temennya berusaha ngambil dompet dari kantong si bapak. Singkatnya: COPET!!

Berhubung gw rada shock dengan kejadian yang gw lihat, secara refleks gw mindahin dompet dan hape gw dari kantong ke tas. Dan abis beroperasi mereka langsung turun dari angkot tersebut. Nah, di sini yang gw bingung, pas kedua orang aneh tersebut turun si bapak yang tadi dipijit-pijit juga ikutan turun… Lha!? Jangan-jangan doi juga bagian dari komplotan?? Trus siapa korbannya??

Gw ngecek barang-barang gw di tas, ternyata gak ada apa-apa yang ilang, dan sopir angkot yang gw tumpangin juga nyuruh semua penumpang buat ngecek barang-barang mereka Karena si sopir udah beberapa kali nemuin penumpangnya kehilangan barang setelah kehadiran para dukun ajaib tersebut.

So please, be careful!

Kendaraan umum lain yang berhasil menciptakan sejarah dengan hidup gw adalah sebuah microbus yang berwarna orange dan biru: YEPP! METROMINI!!

Ada apa gerangan dengan metromini??
Awal SMA sebuah era yang merupakan transformasi mentalitas buat gw. Well, waktu itu gw tinggal di rumah sodara gw di daerah deket sekolah gw, kalo gw gak salah gw baru aja pulang dari warnet dan berhubung gw males jalan gw milih naek metromini ajalah biar cepet.

Kebetulan waktu itu ada metromini lagi ngetem di perempatan, dan pas gw mo naek entu metromini tau-tau aja jalan, walhasil gw loncat langsung ke atas metro dan naasnya, pas loncat ke dalem metromini tangan gw kesangkut di list jendela metro yang lumayan tajem dan bener-bener gak bisa gerak karena tangan gw ketancep lumayan dalem, bahkan sampe gw tarik-tarik, udah setengah jalan tangan gw belom bisa lepas dan darahnya udah netes-netes, uniknya kenek yang nyatol di pintu depan samasekali gak nagih ongkos ke gw, mungkin dia mikirnya gw cuman nebeng doank sampe depan gara-gara berdiri di pintu, padahal gw berdiri di pintu karena tangan ketancep di list jendela metro! Jadinya gw gak bisa gerak!! Gw terus narik tanga gw sampe darahnya ngalir ke pergelangan tangan gw sampe netes-netes, dan uniknya, pas gw udah mo nyampe rumah sodara gw tiba-tiba aja keajaiban terjadi, TANGAN GW LEPAS!! YEEEE!!! Dan tangan gw langsung kebas, gak ada rasa! Hiiiii!! Dan gw langsung loncat turun dari metro laknat yang kebetulan lagi jalan lambat, gak bayar, lumayan! Hehehhe tapi tangan penuh darah,yang udah nyampe pergelangan, gw jalan ke rumah sodara gw dengan pergelangan tangan penuh darah yang udah mongering dan baju yang banyak noda darahnya, sepanjang jalan gw trus ngisep luka gw trus buang darahnya biar kotorannya keluar, trus pendarahannya cepet berhenti.

Pas gw lagi jalan tiba-tiba ada anak kecil yang lagi jalan kaki di depan gw langsung shock ngeliat gw, yang lagi jalan dengan muka sangar kaya mau makan orang dengan telapak tangan sampe pergelangan penuh dengan darah. Doi ngeliatin gw dengan tatapan yang agak weirdo menurut gw trus tau-tau doi nanya begini keg w,”Mas, mas, abis tawuran yah? Kena bacok yah??” sebuah pertanyaan yang sangat masuk akal menurut gw. Dengan gelengan seadanya gw langsung lari ke rumah sodara gw tanpa menghiraukan entu bocah yang trus ngeliatin gw. Sampe di rumah sodara, gw langsung ngebersihin luka gw dan diperban. OMG kejadian paling gila sepanjang sejarah gw naek metromini, It won’t happen again I think…

Hmm…

Gw jadi teringat sesuatu pas jaman gw SD, gw dulu jaman SD selalu pulang-pergi ke sekolah naek becak, nah kebetulan di komplek gw lagi ada pembangunan perluasan komplek, jadi sepanjang jalan ke sekolah gw banyak material-material kaya besi,pasir,semen,ato batu yang digeletakin di pinggir jalan.

Nah, waktu itu gw naek becak pulang sekolah siang-siang, trus pas ngelewatin jalan yang penuh dengan material-material entah karena bengong ato kenapa, entu tukang becak gak sadar kalo dia terlalu ke kiri dan dekat dengan tumpukan material yang berupa bati-batu kapur yang gede-gede dan roda sebelah kiri becaknya gak sengaja ngelindes batu kapurnya jadinya becaknya keangkat ke sebelah kanan dan keguling dengan gw berada di dalam becak tersebut yang berteriak histeris bagaikan naek Tornado di Ancol… Seriously! Gw tereak!

Untung aja gw gak kenapa-kenapa dan entu tukang becak nganterin gw ampe rumah tanpa mau dibayar, tau diri juga doi! Hehehehe….
Buat gw naek kendaraan umum di Jakarta itu ironi! Kondisinya sangat menggenaskan dan jauh dari nyaman!

Forget it! Gw lagi gak ngebahas keadaan infrastruktur transportasi umum dan keadaan transportasi umum di Jakarta!


Gw sampe sekarang cukup salut sama kendaraan yang namanya Bajaj, bisa muter nyaris 360o, suaranya nyaring nian, top speednya sangat memprihatinkan, apalagi kondisinya, dan bau badan abangnya! Hehehehe…

Dan satu lagi kelebihan Bajaj: BISA MUAT BERAPA PUN!!

Rekor terakhir yang gw inget itu bajaj bisa nampung 6 orang (ditambah abangnya jadi 7 orang!) dengan ukuran badan yang extra large semua termasuk gw, sebuah prestasi yang menurut gw extra ordinary!!

Dan kembali kalo elo naek bajaj satu factor yang harus dibuang jauh-jauh adalah: KENYAMANAN! Naek bajaj tuh gak ada nyaman-nyamannya sama sekali, suaranya bising kaya tawon lagi ngumpul, kabinnya minimalis termasuk pintunya juga terkena demam minimalis, joknya keras banget, dan yang jelas kalo ujan bakalan ngebetein banget karena BAJAJ TUH NYARIS TRANSPARAN!! Transparan di sini bukan tebus pandang tapi tembokless, bocor kanan kiri! Maklum dah cuman make terpal seadanya buat “mayungin” orang yang ada di dalem.

Hmm kayanya apapun yang gw naekin selalu terjadi hal-hal unik yang jarang terjadi…

Dan nampaknya sesuatu yang berbau “Public” di Indonesia selalu aja berbau negative…