,

Gila Kala Kemping (Part I)

November 09, 2010 Samuel Yudhistira
Gw sebagai orang yang cukup gila (nilai 7 dari 10!), selalu membawa kegilaan gw kemanapun gw berada bahkan sampe ke gunung!
Well, postingan gw kali ini berisikan kegilaan gw yang terbawa sampe ke gunung di mana gw kemping jaman pramuka SD, sedikit lugu tapi gila sih... hehehe




Well, jaman gw SD pramuka tuh merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan! It sure is! Gw bahkan turut rajin kalo ada kegiatan pramuka termasuk kemping dan selalu aja ada kegilaan di dalamnya.

Kelas IV SD

This was my first camp, waktu itu emang jatahnya gw ikut kamping karena persyaratan ikut kemping emang musti kelas 4 dulu baru boleh ngikut. Gw masih inget tuh nama kelompok pramuka gw waktu itu "Orong-orong", serangga yang suka ngumpet di bawah tanah.

Kempingnya di daerah Puncak, Bogor, di Gunung Mas, ada semacam Camp area yang lumayan deket sama kebun teh di daerah situ pokoknya buat nyampe ke camp area ada jalan nanjak berbatu yang dibatesin pake spanduk sponsor. lumayan luaslah!

Satu tenda buat satu kelompok, dalem 1 kelompok ada 9-10 anggota, jadi desek-desekkan dah di dalem tenda nan mungil tersebut.

Well, baru nyampe langsung dapet job buat bikin tiang jemuran sama selokan di sekitar tenda, katanya sih buat mencegah air ngrembes ke dalam tenda kalo sekiranya terjadi hujan. Yang lebih gawat kalo gw bilang kamar mandinya, letaknya agak jauh dari tempat kemping, deket tenda guru dan panitia yaitu di deket turunan berbatu sebelum masuk ke areal kemping dan untuk ke kamar mandi musti ngelewatin sungai dengan jembatan yang sedikit horor lantaran banyak lobangnya.

Emang jadi kebentuk semacam jurang mini di itu tapi gak terlalu tinggi koq jarak antara sungai dan jembatan, jadi kalo jatoh yahh, palingan basah...

First Night at the Camp....

We were heading our first exam as the scouts, JURIT MALAM!!

Denger namanya aja udah merinding apalagi ngalaminnya! Satu kelompok jalan satu per satu di tengah kegelapan malam dan cuaca dingin buat datengin pos per pos di mana tiap pos ada tugas yang harus diselesaikan. Satu kelompok jalan, 10 menit kemudian baru kelompok berikutnya yang jalan, jadi ada semacam interval biar gak numpuk antar pos. Dan yang pasti selama perjalanan antar pos udah disiapin semacam jebakan-jebakan buat nakutin pesertanya.


Kelompok gw...

Jalan, gw urutan kedua dari belakang, salah satu spot paling nyeremin menurut gw, tapi asal bukan paling depan ato paling belakang dah! hiiii!!

Pertama, di pohon pisang... ada orang yang nyender dengan posisi kya lagi maen petak umpet, jadi mukanya gak keliatan, ketua kelompok gw berhenti, bukannya kabur malah ngambil batu trus nimpuk entu orang, spontan gw semua kabur lari-larian sambil ngakak gara-gara tingkah goblok entu orang.

Kedua, lagi jalan nyantai, asoy geboy, sambil nyanyi lagunya Tasya, "Hai kawan jangan takut jangan resah..." yang duet sama Duta Sheila on 7, becanda-becanda tau-tau ada yang narik kaki gw, lantas gw tereak sekenceng-kencengnya sambil nendang-nendang entu tangan, kelompok gw bukannya berhenti buat nolong malah pada ngacir duluan.... kampret..... tahu" itu guru bahasa Inggris gw, doi malah cengar-cengir lantaran sukses bikin gw ketakutan ampe semaput... hehh...

Ketiga, setelah tahu jebakan kedua kya gitu bentuknya, kita jalan ada ngendap-ngendap kya pasukan Amerika di Vietnam, ngelirik mulu ke bawah takut ada tangan-tangan iseng, ternyata yang ketiga udah gak terlalu nakutin buat kita, cuman guru gw yang ngagetin "HUAAAAAWWWW" sambil senter ditaro di muka, BASI OOM!!! hehehehe

Keempat, nah ini yang unik jadi pas lagi jalan ada persimpangan trus ada semacam sungai kecil githu, kita ngelewatin entu sungai, tiba-tiba ada sesosok orang make daun-daun di seluruh badan yang diitemin pake oli nangkring di atas pohon, nah lho!! apaan tuh!!???

Jujur gw paling takut pas di sini, kelompok gw ngacir kalang kabut pas ngeliat sosok yang ternyata guru kesenian gw nangkring di atas make baju kya orang purbaa trus loncat ke bawah kya Tarzan, sampe-sampe pada nyungsep di sungai kecil, buset dah, bener-bener nganggetin...

And yes! Selesai dah, sisanya cuman jalan nanjak tengah malem trus makan jagung rebus! Wohuuu! Mangstap dah!


Then the second day....


Hari kedua kegiatannya standar dah... pagi-pagi senam, apel, sarapan,pembagian jadwal di pos komando,dan TEAWALK!! Jalan-jalan ngelilingin kebun teh sambil ngerjain tugas-tugas yang dikasih di pos awal buat dapetin point tertinggi antar kelompok! seru dah... disuruh ngukur tinggi pohon pake patokan tongkat, baca sandi morse, sandi rumput, banyak dahh, dan karena terisi oleh manusia-manusia dengan tingkat kegilaan melebihi takaran maka kelompok gw kagak menang... heh...

Dan sore pun menjelang, saatnya api unggun!! soalnya besok siang acara kemping kita resmi berakhir, jadi bisa dibilang malem terakhir juga kita berada di areal kemping Gunung Mas. Api unggun dinyalain pake ritual dulu dah kalo gak salah, gw lupa gimana bentuk upacara penyalaan apinya tapi intinya menggambarkan kelima sila yang ada di Pancasila. Api udah nyala, semua duduk ngelilingi api, nyanyi-nyanyi lagu daerah sampe lagu pop yang ngetren di jaman itu.

Puncaknya, seorang pembina ngasih renungan tentang semua hal yang udah didapet selama acara kemping berlangsung, pake acara cerita sedih dah, ada yang ampe nangis-nangis githu, cuman bukan gara-gara ceritanya, tapi gara-gara asap!! hehehehe emang bikin pedih mata! :D

Dan semua nampak udah capek plus ngantuk...

Well, justru buat gw bencana besar baru segera akan menimpa diri gw yang teramat malang ini.

Di tengah malem di saat semua orang udah bener-bener terlelap, gw malah mendadak bangun lantaran sesuatu yang mengganggu: GW MO BOKEEEEERR!! Shit! Mana kamar mandinya lumayan jauh udah githu musti ngelewatin jembatan mini kya githu, udah githu kan sepi di luar gak ada lampu, penerangan cuman make obor yang ditaro tiap beberapa meter.

Tapi perasaan pengen boker gw mengalahkan rasa takut gw...

Berbekal senter, gw langsung keluat dengan langkah kurang pasti menuju ke kamar mandi, gw ngeliat semua tenda tertutup dan api unggun udah padam, artinya semua orang udah bergelut dalam mimpinya masing-masing sedangkan gw malah berjuang menahan gejolak mau boker!!!

Setelah ngelewatin turunan berbatu gw langsung belok kanan ngelewatin perkemahan guru yang juga udah sangat sepi, jujur aja gw waktu itu sedikit berlari lantaran udah kagak nahan!! (GILE AJE LUU!!) Udah githu ngelawan udara dingin dan kegelapan ekstra, nah nyampe di jembatan gw bener-bener melakukan kesalahan yang teramat fatal...

GARA-GARA LARI GW JADI NYUNGSEP DI SALAH SATU LOBANG GEDE, WALHASIL GW JADI NYEBUR KE DALAM SUNGAI!!! Dan jeritan tengah malam pun keluar, "WAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHH!!" gw histeris mampus pas nyebur ke dalem sungai.

Dan satu hal yang gw harap gak terjadi pun terjadi juga....
Pas gw nyebur gw baru ngerasa ada yang gak beres sama celana gw, and you know what... GW BOKER DI CELANA!!!! SHIT!!!

Embarrassed banget.... Tapi emang dasar perut gw super bermasalah, gw masih belum menuntaskan hasrat gw yang menggebu-gebu, jadi gw lanjut lagi dah di kamar mandi dengan perasaan super kacau.

Pas gw masuk kamar mandi, gw menemukan sesuatu yang juga gak kalah buruk... OBORNYA MATII!!!! Untung gw bawa senter dan gw punya akal, gw gantung aja dah senter gw ke tali yang ada di kamar mandi trus gw taro di atas, jadi serasa ada lampu di kamar mandi githu dah. Tapi tiba-tiba tali yang nyangkutin senter gw COPOT!!!

Lagi asik-asik boker mendadak gelap, sedangkan gw yang lagi jongkok merana hanya bisa berkata, "ANJRITTT!!!"

Well, setelah puas di WC gw keluar kamar mandi dan nyampe di tenda gw sempet ngeliat coklat-coklat rada kuning di celana gw... DAMN!!! Sisaaan menjijikan sisa pertempuran gw!!! IYUUuuuuuhhh!! so disgusting!!

Dan tanpa pikir panjang, langsung aja gw buang entu semua celana dan onderdil dalemnya ke belakang tenda, untuk sejenak hidup gw tenang, lagian besok siang juga udah pulang... hehehehe gak bakal ada yang tahu dah!:D, but I was so fucking wrong...


Hari Ketiga


Ada walkgame yang bikin pusing, semacam hiking cuman ditambahin pos-pos lagi beserta soal-soal yang tambah bikin pusing. Pertama manjat tebing make simpul, trus ntar ditanyain simpul apa yang dipake, disuruh bikin tandu,masih banyak lagi dah cuman yang gw inget banget pas terakhir disuruh ngerayap di lumpur!! Dan abis itu seluruh kelompok dikumpulin buat ngikut upacara penutupan.

Trus sebelum dibubarkan guru-guru sama pembina ternyata udah ngumpulin barang-barang pribadi yang merupakan milik peserta yang ditemukan, jadi kalo kita ngerasa barang kita ketinggalan tinggal maju trus liat apakah ada atau emang ilang beneran. Setelah semua maju dan udah balik ke barisan tinggal satu item yang belum diambil sama pemiiknya, celana jeans 3/4 warna biru, you know what.... ITU CELANA GW KORBAN CEPIRIT MAUT!!!

Wwkkwkwkwwkwk....


Karena gw tengsin gw diem aja dan gak mau ngaku kalo entu celana punya gw, baahkan yang bikin gw makin mengurungkan niat buat ngakuin entu celana gara-gara pembinanya nunjukin ada bekas "makhluk tak berbentuk" yang nemplok di celana gw, jelas anak-anak pada ketawa, kalo gw ngaku entu celana punya gw bisa dicengin satu sekolahan!! Akhirnya malah gw ikut ngecengin, "Ehh, itu yang punya celana bego yah!" hehehe.... Padahal yang gw bilang bego itu adalah gw sendiri....


MY FIRST CAMP!! Unforgettable moment....