Monday, 31 January 2011

On The Move!

You guys take a look to my blog's header.

What do u see?

Itu adalah cover buat E.P. band gw The Chronograph yang dikasih judul "Breaking The God's Code" .

Kapan meluncur?

Baru direkam nanti tanggal 14 Februari, yahh mungkin Maret ato April udah mulai keluar di peredaran. So guys, STAY SHARP! hehehe

here's the story!



So...

The Chronograph udah berjalan sekitar setahun lebih, udah nyiptain 9 lagu tapi belom satupun yang direcord. Mungkin terlalu lama buat ukuran band indie yang setahun berjalan, lagi rata-rata band-band yang seangkatan gw udah pada punya lagu yang direkam ato minimal demo satu lagu track-lah, sedangkan gw berempat belom punya samasekali walaupun secara teknis kita udah berhasil nyiptain 9 lagu, tapi apa artinya 9 lagu kalo belom ada satupun yang denger lagu lo dan gak punya bukti otentik kalo elo seorang musisi tapi gak punya karya yang diakuin orang lain.



Berdasarkan alasan tersebutlah, akhirnya gw berempat sepakat untuk ngelakuin recording session tanggal 14 Februari, semuanya udah dibooking. Dan dari 9 lagu yang ada nanti cuma 5 yang bakal dimasukin ke mini-album kita.

What are those??

1. Out of Control
2. 1966
3. Clause of Rock 'n Roll
4. Hysteria Blindness
5. *Belom ditentuin*


Nah, yang belom ditentuin ini yang bikin rada pusing. Anyway seperti yang terlihat untuk judul mini-album kita bakal pake titel "Breaking The God's Code" yang sebenernya juga adalah judul salah satu lagu kita yang paling baru.

The problem is: Lagu ini belom pernah dibawain secara utuh!

Jadinya kalo dimasukin takutnya malah jadi kendala buat personil" yang lain. Takutnya malah jadi berantakan lantaran satu lagi yang belom terlalu rapi.

Dan sebenernya untuk lagu kelima ada beberapa pilihan juga:

1. Breaking The God's Code
2. Temporary Temptation
3. Against The Gravity
4. Damned Rose

Jelas bingung juga sih...

Tapi gw jadi inget Led Zeppellin waktu ngeluarin album "Houses of Holy" nah di album itu justru gak ada lagu yang judulnya sama kya album, tapi justru lagu "Houses of Holy" muncul di album mereka yang berikutnya.

Nah, berkaca dari Led Zep yang udah sukses duluan (JELAS!!) gw sempet kepikiran buat naro lagu "Breaking The God's Code" di EP volume II aja, biar keliatan keren githu deh! hehehe

Niru Led Zeppellin banget yah ^__^

Hmfffttt.... koq kyanya postingan gw dari kemaren tentang mini-album mulu yah...

Yahh maklum aja dah musisi amatir mo punya rekaman jadinya githu dah.

Anyway, ntar promosiin albumnya gimana??

Wahh, kalo untuk urusan itu sih gw udah ada rencana!

Pertama:

Copy semua E.P. ke format MP3 trus burning ke CD kosong yang harganya gak terlalu mahal, kasih cover seadanya trus sebarin deh di jalan. hehhehe... Tapi yang gw maksud "JALAN" di sini bukan di pinggiran jalan githu, tapi di tempat-tempat hang-out bocah-bocah gahul di Jakarta, kasih aja suruh mereka dengerin convince them! Bagi-bagiin gratis aja githu! Gw dapet ide dari The Clash, ato band-band indie di Inggris tahun 80-an.

Kedua

Naro CD yang udah dipacking di distro-distro Jakarta, yah mungkin jangan terlalu berharap banyak dari sini, tapi gw ngeliat banyak tuh band-band indie yang naro CD/mini-album mereka di tempat kya githu. So, gak ada salahnya buat nyoba hal ini.

Ketiga
Taro aja di Myspace!
Udah banyak banget band yang sukses keras gara-gara Myspace. Contoh: The SIGIT,Parkway Drive, etc. Walaupun emang udah kalah pamor tapi taro ajalah biar eksis, gw juga udah lama banget gak maen Myspace. Terakhir jaman SMA tuh, tadi pas buka lagi jadi rada kagok gw udah lama gak maen Myspace.

btw kita udah punya Myspace lho, check it out, guys: http://www.myspace.com/thechronograph

Keempat
Pas ada GIG kasih tau aja, ato lemparin CD gratisan tapi yang hasil copy pake CD gocengan jangan pake yang original pack, bisa rugi bandar! hehehe. Tapi emang kalo menurut gw momen pas gig itu bener-bener tepat buat masarin karya band gw. hehehe *sotoy dulu ahh!*

Kelima
Ikut kompilasi ato kirim ke radio! Kayanya sekarang udah banyak koq orang-orang yang bikin kompilasi untuk band-band indie. Ide kaya gini berkembang banget di Inggris sama Amerika tahun 80-an sampe 90-an. Contoh yang paling ketara itu kaset C81 sama C86 yang diadain sama Rough Trade dan NME di Inggris, salah satu rekaman indie yang paling terkenal. Nah apa salahnya kalo kita ngikut gituan, tapi liat-liat juga penyelenggaranya, musti yang berkualitas juga ^_^

So guys... beberapa hal yang mungkin gw lakuin ketika demo/mini-album/E.P. The Chronograph udah rampung adalah demikian.

Btw, IP gw koq lama amat keluarnya yahh?? =__=



Cover EP kita nih... simple! hehehe

Related Articles

2 komentar:

Gaphe said...

kira2 bajakannya udah keluar belon yak?

#digetok pake gayung

samuel said...

Wehh wuenake beli bajakan!

*ngambil payung*