,

SD Hingga Mahasiswa

January 20, 2011 Samuel Yudhistira
Hello hai! Kemaren gw sempet mengenang kembali masa-masa kecil gw jaman dulu, ngiget ulang apa-apa aja yang udah gw lakuin selain daripada ngejar layangan tewang (putus),nimpukin anjing dan kucing,maen bola di lapangan,jajan otak-otak,manjat pohon jambu tetangga,dsb.

Tapi yang bikin gw penasaran, sebenernya jaman dulu jenis musik apa yang nyantol di kuping gw, sama gak yah kya sekarang ini (MAHASISWA), mungkin ada perbedaan lumayan jauh bener dah...

Let's find out!



AWAL-AWAL (JAMAN TK)

Sekitar tahun 96-98, Era-nya musik anak-anak, Agnes Monica,Eno Lerian,Joshua,Tasya,dkk secara wajar mengisi telinga bocah-bocah yang baru belajar membaca, termasuk gw! hehehe

Paling demen dulu ama lagu Joshua tuh yang "Diobok-obok aernya diobok-obok, ada ikannya kecil-kecil pada mabok..."

Kalo diinget-inget geli juga gw jadinya... hehehehe

MASA AWAL BAGIAN 2 (SD AWAL)
Masa-masa mulai mengenal yang namanya BAND, kumpulan orang-orang ada yang nyanyi,maen drum,maen bass,maen gitar, maen gundukeyboard, etc, pokoknya kalo lagunya nge-beat dan cepet pasti didengerin, mulai suka nonton MTV, pokoknya mulai ngelirik style-style kala itu (celana skate,sepatu sneaker,T-shirt gombrong), tapi masih takut ngeliat orang gondrong... hadeehh pokoknya kalo gondrong pasti orang jahat itu yang ada di pikiran gw jaman kecil. Dulu demen banget sama PADI trus Sheila on 7.





DARK AGES (MASA SD AKHIR MENJELANG SMP)

Kenapa gw bilang dark ages??

Karena sebenernya titik balik gw benci musik pop tuh dari sini, jaman SD akhir, sekitar kelas 4 sampe kelas 6, awal mo masuk SMP, entah karena alasan apa gw mulai benci band-band ato penyayi yang nyanyiin lagu pop dan mulai melirik musik-musik barat yang alirannya keras (kalah batu!)

Oknum-oknum yang terlibat dalam pembentukan gw tuh kebanyakan band-band Nu Metal/Rapcore/Thrash Metal/Alternative, contoh:


DEFTONES!!


RED HOT CHILLI PEPPERS


LINKIN PARK
(Hadiah Ultah gw yang ke 10 CD-nya Linkin Park yang "Live in Texas lhoo! ^_^


METALLICA (Pas album St. Anger, kalo gak salah 2003)

LET'S CALL: INDIE (JAMAN SMP)

Masa-masa SMP gw gak terlalu banyak berubah sih, cuman gw mulai memperdalam suatu hal yang disebut dengan INDIE, terdengar asing di telinga gw jama dulu, bahkan gw pernah nanya ke salah satu orang definisi tentang indie yang bahkan jawabannya sangat tidak bisa dipertanggungjawabkan, ok, gw nanya gini, "INDIE itu apaan sih?" dan jawabannya

"POKOKNYA BAND YANG LAGUNYA GAK JELAS DEH!!" begitu katanya...

Dari definisi itu gw narik kesimpulan kalo indie itu nama band yang lagunya gak jelas...

Ternyata gw salah, indie itu singkatan dari independent, dan gw mulai menyelidiki secara tuntas apa sebenarnya indie itu, dan ternyata band-band indie itu keren-keren!
Lagunya beda dari yang lain, sederhana tapi cerdas, gw mulai menaruh Mocca,Pas Band,White Shoes & The Couples Company,The Brandals,The Upstairs,Club Eighties, dkk, band-band indie lokal memenuhi playlist gw, walaupun list band-band metal/punk juga gak ketinggalan.

INDIE luar?

Udah ada juga kya Arctic Monkeys, tapi baru sedikit, belom terlalu spesifik karena gw masih terfokus ke band-band Indie lokal sama band Metal...


White Shoes & The Couples Company


The Upstairs, gak terlalu fanatik sih, cuman gw demen gara-gara mirip Depeche Mode ato Duran-duran, hehehe


Mocca

All That Great! Let's have BLUES (JAMAN SMA)

Jaman SMA gw dimualai! Playlist gw mulai berangsur-angsur berubah, band-band indie lokal mulai tergusur, poster-poster The Upstairs dan The Brandals mulai tergusur sama band-band Metal dan BLUES! Yeah BLUES, justru gw kembali ke basic musik dunia dengan kembali bergelut dengan musik Afro-Amerika ini. Diawali dari kaset-kaset Jazz punya bokap gw mengeskplorasi musik yang mendasari Jazz. Gak cuma Blues,tapi juga Rock,Metal,Indie Rock,Electronic,Psychedelic,Jazz,Post Punk,Indie Pop, pokoknya masa-masa SMA itu perkembangan luar biasa dari minat musik gw.

Idealisme musik gw terbentuk dan semakin anti sama musik-musik mayor, sangat mendalami keminoran musik Indie dan sangat tergila-gila bahkan bisa dibilang fanatik sama musik-musik indie, gw juga mulai dengerin band-band Harcore Punk kaya Minor Threat,Bad Brains,Gorilla Biscuit, dkk...

Pertama kali ngeband serius itu masa SMA, bikin band Metal, cover lagunya Avenged Sevenfold,As I Lay Dying, Slipknot, mulai serius main gitar, dapet gitar pertama, si JackieStrat, pokoknya pematangan minat musik gw di masa SMA. Mulai nyoba belajar shredding ala Yngwie ato Jason Baker (Ampe sekarang kagak bisa!), mencari jati diri aliran musik sampe akhirnya ketemu sesorang waktu temen gw ngebalikin buku Gitaris Metal gw, dan malah ngomongin Led Zepellin, dan malah ngajakin gw ngeband, akhirnya band gw THE CHRONOGRAPH terbentuk...


The Strokes


As I Lay Dying
Akhirnya ketemu identitas gw... Indie Rock... gw nyangsang di situ...

Sampe sekarang sih, gw terus eksplor band-band indie, buat referensi lagu ato style, band-band metal juga masih update, trus dengerin lagu-lagu Blues/Jazz,psychedelic,indie pop, pokoknya selama lagunya gak norak-norak gw pasti dengerin, penilaian gw gak selalu Barat minded kok, band Indonesia sekarang juga banyak yang bagus, contoh: Bangkutaman ato Efek Rumah Kaca, mereka itu inspirasi gw kalo lagi bikin lagu, hehehe... cuma mayoritas masyarakat sekarang belom begitu tertarik sama karya-karya mereka, cukup ironis padahal lagu-lagu mereka liriknya "cerdas" dan gak monoton.


BANGKUTAMAN


Kaset-kaset Jazz, ada Wes Montgomery, Charlie Byrd, sama Acoustic Alchemy (ntar dateng pas Java Jazz!)



Miles Davis,Joe Pass, Lee Ritenour, Stanley Jordan, Balawan, Bubi Chen


EFEK RUMAH KACA

So guys, that's all! I'll see you next post! Cheers (ngangkat gelas isi aer putih)...