Thursday, 28 April 2011

Awas Cuci Otak!

Wahh sekarang kyanya makin rame aja kasus-kasus pencucian otak yang berkedok agama tertentu dan atas nama golongan tertentu.

Eniwei yang gw liat-liat di tivi kebanyakan korbannya mahasiswa dan anak-anak muda yang range usianya antara 18-25. Hmm... gokil juga yahh, katanya sampe dimintain duit juga yang besarnya juga gak main-main, bung! bisa sampe 50-150 jutaan.

Dan ktanya indoktrinasi mereka jgua gak main-main, orang yang udah kena doktrin mereka bisa berubah sifat dan mental secara drastis.

Banyak yang mengkait-kaitkan kejadian ini dengan organisasi NII (Negara Islam Indonesia) yang emang dari dulu sudah memeberontak terhadap pemerintah, dari era-nya Kartosuwiryo kira-kira awal tahun 60-an. Yang luar biasanya ternyata masih ada perjuangan mereka walaupun secara sembunyi-sembunyi dan mungkin cara perekrutan menggunakan doktrinasi lebih dipilih mengingat resikonya yang lebih rendah dibanding perjuangan frontal.

Anyway, buat lo semua sebaiknya lebih waspada terhadap trik-trik mereka yang pastinya terus berubah sesuai perkembangan zaman buat melakukan doktrinasi mereka. Jelas-jelas menyesatkan dan gw rasa ada banyak kejanggalan di balik semua ini. Koq pemerintah terkesan lamban dan sedikit gak niat dalam menyelesaikan masalah yang mungkin gak bisa dianggap sepele. Korbannya juga udah puluhan dan kerugian mereka juga gak kecil, udah githu aksi-aksi teror yang terjadi belakangan juga dikaitkan dengan kasusu perekrutan NII tersebut.

Jadi sebenarnya kedok mereka apa sih?? Politik? Agama? Teror? Ato iseng, hehhehe....

Pokoknya guys kalo ketemu orang di tempat umum dan berusaha mempengaruhi lo dengan doktrin-doktrin aneh bin ajaib yang bahkan berlawanan dengan apa yang lo yakinin, intinya jangan mudah terpengaruh, berpikir kritis dan berusaha tenang, trus bicara terbuka sama orang tua atau orang lain yang dipercaya (sodara ato guru), inget gak usah bimbang walaupun emang cara mereka mendoktrinasi lo itu sangat meyakinkan. Mereka berusaha untuk meruntuhkan apa yang selama ini lo yakinin supaya lo bisa terpengaruh sama ajaran mereka dan bahkan membenarkan mereka sehingga bisa direkrut dan...... Yah ga tau deh jadi apa....

So guys! Stay sharp and be cool! ^__^

Cheers!

Related Articles

8 komentar:

Noeel-Loebis said...

selain itu, faktor ekonomi juga berpengaruh kuat sob. rata2 korban cuci otaknya kan yang bermasalah secara ekonomi

Rawins said...

nyuci otaknya pake rinso ya..?
jadi kalo kotorpun ga masalah
berani kotor kan baik
heheh

Gaphe said...

beneran ini, kadang mereka menyaru jadi temen yang sok-sokan deket.. kalo berhasil, apapun permintaan mereka dan mau dibawa kemana kitanya jadi nggak berasa.. kita ya manuut aja..

embuhlah, semoga dihindarkan dari cuci cuci otak kayak gini

OPI said...

hmm..sekarang emang lagi marak yang namanya brain washing yak..
gue juga bingung, motif mereka apaan yah bikin yang kayak gituan?? pengen tenar aja kali..hhaha

Noeel-Loebis said...

sob tolong bntu isi kuesioner gw dong... buat skripsi... jawab aja sepengetahuan lo aja...http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/05/hey-para-blogger-semua-kali-ini-gw-iman.html

samuel said...

@Noel: Ya mungkin juga sih, cuman kemungkinannya sedikit berdasarkan yang gw liat dan mantan-mantan korban kbayakan bukan berasal dari keluarga yg kekurangan

@Rawins: gak sekalian tambahkan secoklek Omo :D

@Gaphe: Yepp ibarat serigala berbulu domba, hati-hati mas Gaphe ntar kena, hehehe.

@OPI: yahh emang itu cara baru yang lebih "aman" dibanding pake cara frontal lagian mungkin mereka lagi mencanangkan "pembaruan" dengan perekrutan orang-orang muda, wah kalo cuman pengen tenar mending bikin vidio kya Sinta & Jojo tuh, hehehe

Call me Batz said...

yap..zaman sekarang memang harus berhati-hati..mereka mengincar kaum kawula muda yang dianggap lebih dinamis n terbuka untuk berbagai pemikiran ...waspadalah..btw salam kenal

samuel said...

@Call me Batz: Yoi berpikir kritis dan jernih bisa jadi salah satu kunci untuk waspada, salam kenal juga ^_^