Monday, 2 May 2011

Who Made Who??

Oiii lads!!! How are you doing???

Mungkin sedikit telat gw posting ini, cman waktu itu gw lupa-lupa sampe inget ketika gw baca tweet salah satu temen gw yang meng-quote kata-kata dari sebuah film lokal.

Yang bikin gw tersentak bukan karena kata-katanya tapi sumber quote tersebut, yaitu film-nya.

Bikin gw inget sama sesuatu, hmm... apa yahh??


Coba liat aja deh sendiri, apa persamaannya...



Radit dan Jani (2008)

Radit dan Jani (panggilan Anjani) adalah pasangan muda yan

g nekat menikah walau mendapat tentangan dari orang tua Jani. T

anpa bekal uang dan pekerjaan tetap, kehidupan yang keras harus mereka jalani. Apalagi ketergantungan Radit terhadap obat-obatan terlarang membuat langkah mereka semakin berat. Namun, kekuatan cinta mereka membuat semua kepahitan hidup tidak terasa.

Pada suatu hari, Jani mendapati dirinya hamil. Mereka pun terbangunkan oleh kenyataan, bahwa hidup mereka harus berubah. Radit berusaha keras untuk mendapatkan penghasilan tetap dan berhenti menggunakan narkoba, agar ia bisa bahagia

kan Jani dan memberi masa depan kepada anak mereka. (from wikipedia)


and the second one...






Sid and Nancy (1986)

Berdasarkan kisah nyata yang benar-benar terjadi antara bassist sebuah band British Punk, Sex Pistols yaitu Sid Vicious dan kekasihnya Nancy Spungen, di mana pada awalnya Nacy hanyalah seorang groupie Sex Pistols namun pada akhirnya menjadi kekasih Sid, keduanya terjebak dalam heroin dan gaya hidup yang cenderung self-destructed tapi tetap saling mencintai. Di satu sisi personil band Sex Pistols lainnya mulai merasa jengah dengan kehadiran Nancy yang dianggap terlalu mempengaruhi Sid dengan heroin, setelah Sex Pistols bubar keduanya tetap menjalin hubungan mereka yang berada di ambang depresi akibat narkoba sampai akhirnya Nancy ditemukan tewas dengan luka tusukan di London dan beberapa tahun kemudian Sid tewas akibat overdosis heroin, keduanya dianggap sebagai icon pasangan punk rock sampai hari ini...


Ada persamaan??

Mungkin ada dan cuma terinspirasi, gw gak ada maksud menuduh film Indonesia plagiat tapi gw lebih menganggap itu adalah versi lain yang di-Indonesiakan dengan kata lain terinspirasi dari film luar. Lagian juga film luar negeri bahkan Hollywood juga banyak yang mengimitasi film-film dari daerah non-Hollywood, contoh: The Eye yang diremake dari film Jepang, The Ring juga sama.

Well, gw cuma mau share aja, kalo ada juga versi "lain" dari Sid & Nancy yang ada di Indonesia...

Keep rock!

Related Articles

5 komentar:

Noeel-Loebis said...

yup gw suka gaya lo.... kenyataannya di luar juga banyak film2 imitasi.... :)

Gaphe said...

banyak kaan film indonesia yang sama kayak luar negeri.. tapi toh nggak tau siapa yang duluan nyptain idenya. kalo saya sih, nonton ya nikmatin aja.. nggak usah peduliin begituan, pusiing. hahaha

samuel said...

@noeel-loebis: Wii thxx, emang tuh gak selamanya orang Indonesia itu tidak kreatif

@Gaphe: kebanyakan sih emang idenya dari luar mas, wah kalo saya sebagai pengamat dan penikmat film extra-amatir agak "risih" dengan keadaan demikian, hehehe

anri junuka said...

negara berkembang hanya bisa copy paste dan di edit sedikit :D

samuel said...

@anri junuka: huehh kadang malah copy-paste doank kagak pake diedit, hehehe