Monday, 27 June 2011

Cacat Bukan Halangan

Gw sempet bingung ngeliat orang yang frustrasi dengan kemampuan mereka bermusik, merasa gak mampu dalam bermusik dengan alasan fisik yang tidak mendukung. Dalam bermain piano klasik dibutuhkan kecepatan tangan yang luar biasa cepat dan tingkat disiplin yang tinggi, bermain drum dibutuhkan kepekaan terhadap hentakan ritmik dan kekuatan fisik yang bagus, dalam bermain gitar dibutuhkan kelenturan tangan dan kekuatan pergelangan tangan.


Well, gw juga gak memungkiri kalo kondisi fisik terkadang memberi andil dalam bermain instrumen musik, tapi gw sendiri menolak dengan sangat kalo pengaruh fisik tersebut adalah faktor inti yang membuat orang bisa mahir dalam bermusik, intinya sebetulnya adalah: KERJA KERAS!! Gw kasih contoh orang-orang yang bisa dibilang tidak sempurna secara fisik tapi bisa menjadi musisi kelas dunia bahkan melegenda.


Tony Iommi

Gitaris dari band Black Sabbath ini adalah seorang gitaris kidal. Gitaris yang bertanggung jawab atas eksistensi heavy metal yang masih sangat berpengaruh hingga saat ini. Dan ternyata Iommi memiliki cacat pada jari tengah dan manis bagian kanan yang putus ketika dia bekerja di pabrik besi. Apakah dia menyerah?? TIDAK, walaupun tangan kanannnya sangat vital ketika dia harus melakukan fretting tapi itu tidak menjadi alasan untuk menyerah dalam bermusik, bahkan dia menjadi panutan bagi sound heavy metal hingga saat ini.


image: source

Jean "Django" Reinhardt

Seorang pionir virtuoso jazz yang bertanggung jawab atas munculnya aliran Bop dan Hard Bop di musik jazz, membangun ulang jazz di Eropa pada masa Perang Dunia II, dengan grupnya yang diberi nama Quintette du Hot Club. Seorang gitaris jazz yang paling dicintai di antara pecinta jazz. Bahkan salah satu aturan agar dapat survive di sebuah klub jazz adalah, "Jangan pernah mengkritik DJANGO."
Ternyata di antara kehebatan dan reputasinya sebagai gitaris yang luar biasa hebat, Django ternyata mempunyai tangan kiri yang cacat akibat kecelakaan di karavan sehingga jari tengah dan manisnya menyatu di ruas, tapi walau begitu Django justru menciptakan teknik solo dua jari yang menjadi ciri khasnya dan mebuat dunia tercengang melalui lagu "Nuages", kadang disebut sebagai "pesta teknik Django".




Rick Allen

Sebuah band rock terkenal asal Inggris Def Leppard ternyata mempunyai seorang drummer yang "cacat" secara fisik tapi luar biasa hebat. Dialah Rick Allen yang kehilangan tangan kirinya akibat kecelakaan mobil pada usianya yang baru 21 tahun. Kehilangan tangan bagi seorang drummer adalah sebuah pukulan yang berat. Tapi Rick tidak pernah mengenal kata "MENYERAH" dia akhirnya memodifikasi drum kit yang memungkinkan dia memukul perangkat drumnya tanpa tangan kirinya.



Ray Charles

Pionir aliran musik soul, seorang pianis yang luar biasa berbakat, bahkan majalah Rolling Stones memasukkan dia pada urutan 10 di list "100 Greatest Artists of All Time" tahun 2004. Seorang pemain piano bues,funk,soul,boogie yang bertanggung jawab atas lagu-lagu yang hebat bahkan disebut juga "more important than Elvis Presley". Dan sang legenda ini ternyata adalah seorang yang buta sejak usia 7 tahun. Ray menderita glaucoma (penyakit saraf mata) pada usia 5 tahun dan buat total pada usia 7 tahun, tapi walaupun mengalami kebutaan tapi Ray Charles tetap memiliki semangat untuk bermusik, dengan semangatnya itulah gw bisa mendengarkan lagu "Georgia On My Mind" mengalun dari headphones gw.



Jason Eli Becker

Gitaris neo classic/speed metal yang dianggap sebagai salah satu gitaris tercepat di dunia. Karir yang menanjak sangat cepat berkat kemampuan dan bakat yang dimilikinya. Pada usia 16 tahun dia memulai karirnya melalui band Cacophony bersama temannya Marty Friedman (mantan gitaris Megadeth).Karir-nya yang menanjak sangat cepat nyaris terhenti akibat penyakit Amyotrophic lateral sclerosis (penyakit syaraf) dan divonis dokter bahwa umurnya hanya bertahan 3 tahun. Tapi kenyataannya sampai detik ini Jason masih hidup dan berkarya, tahun 1996 Jason kehilangan kemampuan untuk bicara, tapi tetap tidak menghentikan langkahnya untuk terus berkarya, dia tetap dapat berkomunikasi melalui alat yang khusus dirancang untuk dirinya. Walaupun mempunyai kelemahan fisik tetapi Jason tetap terus berkarya dan tidak pernah menyerah.



Seperti yang kita lihat, masih banyak lho musisi yang mempunyai cacat fisik tapi gak pernah menyerah dengan kelemahan yang mereka punya, Ludwig von Beethoven kehilangan pendengaran tapi terus berkarya, Hee Ah Lee pianis klasik jenius asal Korea yang memiliki cacat fisik pada tangannya, Stevie Wonder penyanyi yang luar biasa yang adalah penyandang tuna netra. Mungkin masih banyak lagi musisi-musisi jenius yang ternyata mempunyai kelemahan fisik, yang di atas ini cuman setahu gw doank sih :D


Intinya, jangan pernah menyerah dengan keadaan yanga menerpa kita, jangan jadikan kelemahan fisik kita sebagai alasan untuk dapat menyerah. Sedikit memotivasi diri gw dalam bermusik dan dalam berbagai kegaiatan yang gw jalanin.



Well, sekian folks... CHEERS!!

Related Articles

4 komentar:

Gaphe said...

cacat hanya akan menjadi keterbatasan jika kita pikir itu memang demikian. contoh yang kamu maksud, tidak pernah menjadikan alasan cacat mereka sebagai halangan buat berkarya...

NuellubiS said...

ray charles, gw demen sama lagunya yang i can't stop loving you. buta tapi bisa bikin lirik sekeren itu

Inez said...

Ray Charles! Dia charming banget!
Dan setuju, Georgia In My Mind asik abis. Suatu saat gw pengen bisa mainin lagu itu.

Btw, gw ada pe-er buat lu nih kalo ga sibuk:
http://whatisartanyway.blogspot.com/2011/06/10-things-you-actually-shouldnt-know.html

Iseng-iseng lah..

Cheers!

samuel said...

@Gaphe: Betul sekali mas Gaphe, ini motivasi banget buat gw :D

@Nuel: Emang gokil sekali penyanyi yang satu itu :)

@Inez: wah sama kya gw demen lagu itu, lo bisa main piano?? wew ^_^

Okay, peer-nya langsung gw kerjain :D