,

Movie Review: The Damned United

June 19, 2011 Samuel Yudhistira

Well, kali ini gw mau review film... first... it's not a bloody music thing :D

Jangan mentang-mentang gw musisi film yang gw bahas berkaitan dengan musik. Weiitss jangan salah, friend! Kali ini film yang gw bahas gak berkaitan dengan musik.

Film yang gw bahas kali ini judulnya "The Damned United".

Film Inggris produksi tahun 2009 ini bersetting tahun 1970-an di Inggris. Menceritakan tentang perjuangan seorang pelatih sepakbola Brian Clough dan asistennya Peter Taylor. Mereka berdua melatih sebuah klub di kota Derby yaitu Derby County F.C., dan klub ini bukanlah sebuah klub besar, bahkan sedang berjuang dalam krisis finansial dan ancaman degradasi.

Di sini diceritakan perjuangan Brian Clough dan Peter Taylor untuk mensejajarkan diri dengan sebuah klub Inggris yang tengah berjaya, yaitu Leeds United yang dilatih oleh Don Revie.

Diisi juga dengan konflik-konflik batin dalam diri Brian,perpecahannya dengan klub Derby County,putusnya hubungan dengan Peter Taylor, dan Brian yang terobsesi untuk mengalahkan nama besar Don Revie bersama Leeds United.

Banyak pelajaran yang bisa ditarik dari film ini, jadi cukup menarik untuk disaksikan. Lumayan juga bisa mendapatkan potret kehidupan sepakbola Inggris tahun 70-an.

Pokoknya seru deh!

Gw quote kata-kata Brian Clough waktu dia akhirnya ditunjuk sebagai pelatih klub yang dia benci, Leeds United...

"Of course it's just about me and Don. Always has been. But instead of putting frowns on your foreheads, all you elders of Leeds in your blazers and your brass-fucking-buttons, it should put big white Colgate smiles on your big white faces. Because it means I won't eat, and won't sleep until I've taken whatever that man's achieved, and beaten it. Beaten it so I never have to hear the name Don fucking Revie again. Beat it, the only name anyone sings in the Yorkshire ale houses, raising their stinking jars to their stinking mouths, is Brian Clough. Brian Clough uber-fucking-alles! Understand?"




Btw... Film ini berdasarkan kisah nyata lhoo... :D