Monday, 4 July 2011

Movie Review: Full Metal Jacket

Hello fellas!

Setelah mengobrak-abrik DVD, mata gw terpaku pada sebuah cover DVD bergambar helm dengan peace symbol dan tulisan "Born To Kill". Ternyata film yang pertama kali gw tonton pas SMA dengan judul "Full Metal Jacket"karya seorang sutradara terkenal asal Amerika, Stanley Kubrick yang dibuat tahun 1987.

Film dimulai dengan lagu "Good Bye My Darling Hello Vietnam" yang gw rasa lebih mirip lagu propaganda nasionalisme dibanding lagu cinta.





Kisahnya adalah mengenai pasukan Marinir yang akan dikirim ke Vietnam dalam rangka membantu operasi militer Amerika di daerah Indo-China tahun 1968. Di film ini, diperlihatkan perjuangan mereka untuk lolos dari pelatihan yang ekstra keras dan penuh disiplin. Tokoh utamanya adalah seorang prajurit James T. "Joker" Davis, seorang yang sangat ingin melihat situasi peperangan di Vietnam sehingga mendaftar ke Marinir.

Lalu ada trainer mereka Sersan Hartman yang sangat keras dalam mendidik dan tidak kenal ampun dalam menghukum mereka yang bertindak di luar aturan. Kemudian ada Pvt. Gomer Pyle yang selalu bertindak di luar aturan dan pada akhirnya mengalami gangguan mental dan mencoba membunuh semua orang di kamp.

Di Vietnam Joker akhirnya menjadi koresponden yang bertugas di garis belakang Marinir di kota Da Nang. Kemudian dikirim untuk meliput situasi peperangan di kota Hue di mana dia menyaksikan situasi perang yang sesungguhnya.

Sebuah film yang menurut gw luar biasa, penggambaran pertempuran di Vietnam yang benar-benar brutal. Dan sisi sosial mengenai kehidupan masyarakat di Vietnam pada era perang. Pelatihan para Marinir yang dilatih untuk menjadi pembunuh, semua dirangkum dalam satu film yang hebat ini.

Salah satu Quote yang gw suka di film ini:

"The dead know only one thing: it is better to be alive.
"


Related Articles

4 komentar:

Inez said...

Wah... wah.. kalo udh ada org sakit mentalnya gw suka nih.. Sayang gw ga bs nonton dvd.. :(

Brutalan mana sama Saving Private Ryan, Sam?

Btw, quotenya 'dingin'. Keren..keren..

NuellubiS said...

bingung mau komen apaa, tapi baca sedikit reviu lo, kayaknya film bagus yaah? :)

Gaphe said...

yah filmnya blom pernah nonton, perang2an ya?? awww... mending tutup mata aja deh, *kapok abis nonton Green Zone dulu*

hahaha

samuel said...

@inez: Hey hoo Inez! wah wah ternyata demen sama psycho-killer gitu yahh, kalo gw bilang film ini "sedikit" lebih brutal dari SPR. untuk ukuran film buatan tahun 1987.

@Nuel: Very Suggested Movie!! 10 besar film perang terbaik :D

@Gaphe: Wah mas Gaphe gak suka perang-perangan yah... hehehe ntar besok gw review film drama deh, yang pasti film-film yang ceritanya gak pasaran.
Green Zone juga lumayan keren tuh!