Tuesday, 28 February 2012

Teknik Penghalalan Ala Kita

Terkadang suatu perdebatan bisa terjadi ketika ada suatu topik yang memang patut untuk diperdebatkan, dan terdapat dua definisi yang berbeda dan saling bertolak belakang. Bisa dibilang kontras.
Terkadang masalah-masalah simpel yang sering kita alami tanpa kita sadari merupakan suatu persoalan yang patut dipertanyakan. Sehingga terkadang ketika perdebatan dimulai kita mulai tersadar bahwa hal yang menurut kita "lazim" sebenarnya bisa dipersalahkan atas dasar moralitas dan bahkan hukum. Ketika kita menyadari bahwa hal "lazim" tersebut adalah suatu kesalahan, maka satu hal yang sewajarnya dilakukan banyak orang adalah memberikan excuse atau bahkan exception terhadap tindakan tersebut dengan tujuan untuk membenarkan cara yang dipakai berdasarkan hasil yang didapat.

Machiavelli pernah menyebutkan: "The end justifies the means"

Artinya, tak peduli jalan apa yang digunakan, yang diutamakan adalah hasil yang diperoleh. Sehingga banyak jalan yang dihalalkan demi tujuan akhir tersebut tanpa mempedulikan batasan moral maupun hukum yang berlkau di masyarakat. Sebagai manusia, banyak tindakan yang sebenarnya "salah" kita "benarkan" demi tujuan akhir semata, tanpa mempedulikan moralitas.

Terlepas dari definisi-definisi lain mengenai perkataan Machiavelli tersebut namun banyak ahli menyebutkan bahwa pernyataan tersebut merupakan suatu hal yang wajar di dunia politik yang sangat "kotor" kalau menurut gw.

Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak mendengar istilah "white lies", "pencuri agung", dan "pencuri yang gentle", dsb. walaupun tujuan akhir yang diperjuangkan adalah demi kebaikan tapi tetap saja cara yang digunakan adalah dianggap "salah". Kebohongan, apapun tujuannya, tetap saja akan dianggap sebagai kebohongan, pencurian apapun tujuannya tidak akan menghilangkan makna dari pencurian tersebut, pembunuhan, teror, perang yang suci, apapun bentuknya, tetap saja makna "kotor" yang terkandung dalam tindakan tersebut tidak akan hilang walaupun tujuan yang dikejar adalah sebuah "kebaikan".


Tapi banyak hal mungkin yang akan berubah jika "penghalalan tujuan" tersebut tidak dilakukan, karena bagaimanapun juga semua kejahatan putih berlapis perak ini memegang andil penting dalam memerangi ketidakadilan yang jauh lebih bengis daripada sekedar "KEJAHATAN".

Related Articles

0 komentar: