Thursday, 11 October 2012

Nyokap Gue HUEBAT!

Nyokap gue hebat...


Doi selalu bangun pagi-pagi ketika semua anaknya masih terlelap, bahkan matahari pun belum terbit, berdoa sebelum memulai hari dan untuk anak-anaknya.

Nyokap gue hebat...

Berangkat pagi-pagi ke kantor, menghadapi macetnya ibukota di atas kendaraan umum demi kuliah anak-anaknya, demi obat suaminya, demi makan keluarga, demi membayar pembantu untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang terpaksa ditinggalkan, demi rumah tercinta, demi keluarga tercinta, hingga ia lupa menyisihkan untuk dirinya sendiri.

Nyokap gue hebat...

Berjuang sekuat tenaga menghidupi keluarga, tidak pernah mengeluh dengan nasib yang nampak mempermainkan dirinya, tabah menghadapi cobaan dalam bentuk apapun, tidak mengenal kata menyerah walau menjadi tulang punggung keluarga akibat kondisi kurang menguntungkan dari suaminya.

Nyokap gue hebat...

Merawat bokap sambil bekerja, suaminya sakit lebih dari satu dekade, sambil bekerja nyokap merawat bokap gue, membeli obat-obatan yang harganya gak murah, rela mengambil cuti demi mengantar bokap check up ke rumah sakit. Nyokap yang ngejaga bokap yang 3 kali kena serangan jantung (terakhir stroke) di rumah 24 jam nonstop dan selalu nyediain kebutuhan bokap sambil bekerja.

Nyokap gue hebat...

Hampir gak pernah beli baju baru atau sepatu atau tas supaya anak-anaknya bisa beli baju baru. Supaya anak-anaknya bisa ngikutin tren mode nyokap rela gak beli baju. Cuma baju-baju yang dikasih orang jadi "BAJU BARU" nyokap.

Nyokap gue hebat...

Selalu mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai rohani kepada anak-anaknya. Nyokap adalah orang paling religius di rumah. Guru Sekolah Minggu di gereja, selalu menanamkan nilai-nilai rohani tanpa kenal lelah kepada anak-anaknya dan senantiasa mengingatkan anak-anaknya supaya tetap dekat dengan Tuhan.

Nyokap gue hebat...

Berjiwa sangat sosial. Gue pernah merasakan sendiri jiwa sosial nyokap waktu ada pengemis yang minta makan, nyokap ngebeliin pengemis itu seporsi mie ayam atau waktu nyokap ngasih sebungkus biskuit Oreo (kesukaan gue!!) yang seharusnya dikasih ke gue tapi malah dikasih ke anak-anak gelandangan di perempatan jalan, dua hal yang sangat membekas di ingatan gue ketika nyokap selalu mengajarkan gue untuk menolong orang lain tanpa memandang latar belakang, agama, bahkan ketika kita dalam kesulitan tetaplah menolong orang lain.

Nyokap gue hebat...

Bangun jam 4 pagi, membuat kue di dapur untuk dijual, nyokap gak malu untuk menawarkan kue-kuenya atau menitipkannya di tukang nasi uduk ketika anak-anaknya terlalu gengsi untuk melakukan hal serupa. Tapi nyokap gak pernah malu. Semua itu dilakukan supaya anak-anaknya bisa punya uang saku, jajan di kampus, ngumpul bersama teman-temannya, menikmati dunia selagi muda. Suatu hal yang nyokap gak pernah dapet di masa mudanya.

Nyokap gue hebat...

Gak mau anak-anaknya merasakan masa muda seperti yang dialaminya. Nyokap sering cerita, kalo dulu saking gak punya uang, cuma bisa ngeliat anak-anak orang kaya jajan sedangkan nyokap cuma bisa ngeliatin doank. Sebuah kenangan pahit yang terus terbawa sehingga nyokap gak mau hal yang dialaminya itu terulang kepada anak-anaknya. Sehingga kadang nyokap ngelebihin duit jajan gue supaya gue bisa jalan bareng temen-temen, gue gak cuma jadi "penonton" temen-temen yang lagi jajan, ato jadi bahan ledekan lantaran gak punya uang buat jajan.

Nyokap gue hebat...

Selalu nyemangatin gue ketika gue minder dikatain "item" "jelek" sama orang-orang, nyokap gue selalu bilang, "Ahh, kamu itu anak mama yang paling ganteng," nyokap yang selalu bikin gue pede, walau waktu gue kecil gue teramat minder dan terasing.

Nyokap gue hebat...

Nyokap yang ngajarin gue cara memperlakukan wanita dengan benar, cara menghormati wanita, dan ngasih tahu ke gue kalo gue harus respect sama wanita. Nyokap yang selalu bilang kalo gue harus jadi gentleman. Jangan sekali-kali melecehkan wanita, nyokap yang ngajarin gue berbagai hal mengenai laki-laki yang gentle. Bukan pengecut yang lari dari masalah.

Nyokap gue hebat...

Buat gue dan saudara-saudara kandung gue, nyokap adalah benteng. Nyokap adalah wanita yang luar biasa. Wanita besi yang siap menghadapi berbagai macam rintangan yang menghadang, nyokap adalah pelindung yang merelakan apapun demi keluarga yang dicintainya.

Nyokap gue hebat...

Selalu memantau kegiatan anaknya, terutama mungkin gue dan kakak gue yang paling sering pulang larut malam (gue malah sering gak pulang, hehe). Nyokap pasti selalu sms ato nelpon kalo gue belom pulang di atas jam malam (pukul 22.00) dan nyokap selalu setia nungguin gue pulang walaupun itu sampe tengah malem. Nyokap paling gak bisa tenang kalo kita semua belum sampe di rumah.

Nyokap gue hebat...

Nyokap paling suka ngumpul bareng keluarga. Entah itu di meja makan, di ruang tamu ato di kamar, nyokap paling seneng kalo ketiga anaknya ngumpul bareng di rumah. Cerita-cerita bareng nyokap adalah hal yang sangat menyenangkan buat gue. Nyokap adalah pendengar yang baik, walau kadang dia nggak ngerti tema-tema modern sekarang tapi nyokap tetap menanggapi setiap ucapan yang gue lontarkan.

Nyokap gue hebat...

Selalu mendukung gue kalo nge-band nyokap gak pernah ngebatesin gue berkreasi apapun yang gue lakuin. Dan itu yang membuat gue merasa bebas. Rock on! 

Nyokap gue hebat...


I love you, mum! this is for you! 


gue,adek gue,nyokap
di bandung waktu wisuda kakak gue

Related Articles

1 komentar:

chici said...

Wah kasih dua jempol buat mama kamu sam, titip salam ya sama mamanya :)
*hiks jadi kangen sama mamakuuu.....