, ,

Album-album Paling Berpengaruh Buat Gw

June 25, 2010 Samuel Yudhistira
Well, terkadang kita butuh referensi buat sebuah inspirasi. Dan buat gw album-album berikut ini adalah "pahlawan", kalo gw gak dengerin mungkin gw gak bakal bisa nemuin inspirasi gw dalam bermusik, bahkan mungkin permainan gw mandek di situ-situ ajah. Dan visi bermusik gw sedikit terbuka berkat dengerin lagu-lagu dari album-album ini. So guys, here they are...



Linkin Park - Meteora



Sangat SD sekali... Brad Delson sempet jadi idola gw waktu pertama kali belajar genjrang-genjreng gitar (kelas 5 SD!), jaman-jaman masih demen banget sama Boyband dkk, awal-awal kenal Nu Metal ato Rapcore, dan era belajar dari idola lokal! hehehe...

Blink 182 - Dude Ranch



Masih di jaman SD yang penuh sukacita...

Tom Delonge... Manusia ajaib kalo menurut gw, salah satu icon musik punk era 90-an akhir. Lagu-lagu di "Dude Ranch" bisa dibilang yang terbaik dari semua album Blink 182 (menurut gw!). Liriknya bener-bener cuek! Menunjukkan kebebasan remaja, dan sound gitar yang sangat punk emang kental banget di album ini, dan buat gw yang waktu itu bahkan belum mengerti definisi dari distorsi lagu-lagu Blink 182 udah terasa susah banget!

Nirvana - Nevermind



KURT COBAIN! Pahlawan Grunge, punya jutaan fans fanatik yang mungkin masih setia mendengarkan Nirvana sampai saat ini, salah satu orang yang sangat identik dengan budaya Grunge tahun 90-an. Lagu yang amat teramat penting di album ini tentu saja "Smells Like A Teen Spirit". Distorsi dan feedback gila-gilaan yang jadi kunci utama sound gitar di lagu-lagunya Nirvana terdengar sangat jelas di album ini.

Gw inget banget jaman SMP awal dengerin lagu ini...

The Sex Pistols - Nevermind The Bollocks, Here's The Sex Pistols



Masih di jaman SMP ceria...

Gara-gara penasaran sama The Sex Pistols gw ampe nyari-nyari lagunya sampe ke beberapa antero Jakarta (lebay!). Dan feeling pemburu gw membawa gw ke Glodok! hehehe... mungkin perkenalan gw sama Classic Punk agak terlambat, karena gw udah dengerin band-band punk 90-an kaya Greenday,Blink 182,The Offsprings,Sum 41,dkk lebih dulu dibanding band punk tahun 70-an. Tapi pas dengerin Sex Pistols, sound gitar yang jadi panutan gw langsung berubah drastis, gw langsung pengen banget bikin band kaya Sex Pistols ato The Ramones, gara-gara lagu "No Feelings" di album ini.

Arctic Monkeys - Bigger Boys and Stolen Sweethearts



Gw agak sedikit ragu sama yang satu ini, sebenarnya ini EP ato album studio resmi dari Arctic Monkeys ato bukan tapi yang jelas lagu mereka yang pertama kali gw dengerin judulnya "Bigger Boys and Stolen Sweethearts" dan menjadi penutup masa SMP gw, dan gw langsung demen ama Arctic berkat lirik dan jenis music mereka yang beda banget sama apa yang udah gw dengerin sebelumnya, mungkin sedikit aneh tapi gw demen. Malahan mereka jadi influence terbesar gw saat ini...

Jimi Hendrix Experience - Are You Experienced



Berkat bokap, gw jadi kenal ama Jimi Hendrix. Dari gw kecil bokap udah demen ngoceh soal Hendrix ato Rolling Stones tapi gw gak "ngudeng" karena lebih tertarik ke Nu Metal, tapi masa-masa SMA awal gw baru menoleh ke era hippie dan psychedelic. Berkat penemuan album-album tua di perpustakaan bokap gw jadi melebarkan eksplorasi musik gw ke arah Blues/Rock tahun 60-an. Lagu "Fire" bener-bener jadi inspirasi gw!

Stevie Ray Vaughan and Double Trouble - In Step



Masa SMA....

Eksplorasi gw di dunia blues membawa nama-nama baru di list musisi idola gw, B.B. King,Muddy Waters,Bo Diddley,Albert King,Eric Clapton,Gary Moore,dan Buddy Guy. Tapi dari banyak bluesman yang gw dengerin ada satu nama yang sangat melekat buat gw: STEVIE RAY VAUGHAN. Lagu-lagunya variatif, agak berbeda dari blues standard tapi seru! Berkat dia gw jadi getol banget belajar blues sampe saat ini.

Deep Purple - Nobody's Perfect



The most important album! Album live tahun 1988 ini jadi tonggak awal gw belajar hard rock secara lebih mendalam dan menimbulkan kekaguman gw terhadap sang gitaris Ritchie Blackmore.

Dan lagu "Highway Star" mungkin jadi lagu paling berpengaruh buat gw sampe sekarang...