Thursday, 16 September 2010

Mitos-mitos Kuliah di Mata Seorang Lulusan SMA

Back to libur!

Ada gak sih yang punya istilah kaya githu?? Dan tepat tanggal 20 nanti gw bakal menginjakkan kaki gw untuk pertama kali di bangku kuliah (bukan bangkunya ntar diinjek-injek!). Extracted? Yahh lumayan... Gw cuman penasaran ajah sama mitos-mitos anak TK kuliahan yang bilang kalo kuliah itu bener-bener FREE, bukan gratis tapi BEBAS! Rambut lo boleh gondrong kya Megadeth,Baju bebas,gak ada aturan yang terlalu mengikat.

Buat gw sebaga anak baru lulus SMA hal-hal kaya githu adalah sesuatu yang bener-bener baru buat gw, jaman SMA kan peraturannya seabrek-abrek. Nah pas dikasih kebebasan githu apakah gw akan bablas juga??




Well satu lagi mitos kuliah yang gw penasaran banget: Emang dosen kalo ngajar bener-bener gak peduli muridnya mo ngapain yahh?? Jujur aja gw penasaran banget ama mitos yang satu ini. Jaman gw SMA ngobrol dikit aja bisa jadi suatu masalah serius buat beberapa guru. Nah, gimana dengan dosen? Katanya mereka tuh tipikal cuek yang cuma mengharapkan nilai dari mahasiswanya, jadi kalo mereka ngajar muridnya gak dengerin mereka gak peduli yang penting LULUS UJIAN. Hmmm....


Dulu waktu gw SMP guru matematika gw mantan dosen, gw lupa di universitas mana tapi yang jelas doi dulu dosen sebelum ngajar di sekolahan gw. Dan emang bener doi cuek abis kalo ngajar, masa bodo muridnya dengerin apa nggak yang penting udah nyampein bahan. Untungnya anak-anak kelas gw cukup koperatif sama ni guru, jadi gak ada masalah yang begitu berarti.

Begitukah dosen? Wah, gw gak tau...

Mitos lainnya:

Katanya anak kuliahan tuh jarang diabsen ato tergantung dosennya mo ngabsen ato kagak, jadi bisa bolos seenak jidat.

Dalam hal ini gw sedikit meragukan berdasarkan keterangan yang gw peroleh dari kakak gw dan beberapa temen gw yang udah menikmati bangku kuliah selama beberapa tahun. Kalo gak salah dikasih jatah cuti dah sekitar 2-3 kali, trus kalo lewat gak boleh ikut ujian, it means lo mesti ngulang lagi.

Mitos selanjutnya tentang dunia perkuliahan adalah skripsi yang bikin pala pusing berjenong-jenong (ngasal!). Hmm... gw belom pernah bikin yang namanya skripsi tapi ngeliat orang frustasi gara-gara skripsi udah sering banget, bahkan ampe gak kelar-kelar ga tau deh kenapa... Gw sendiri kurang tahu kriteria apa yang dikejar supaya skripsi itu kelar, kalo gw liat-liat bikin skripsi tuh kaya bikin makalah. Nah jaman gw SMA mah makalah tinggal copy/paste dari google trus dijilid di tukang foto-copy, nah what about skripsi??

Wah gw kurang tahu tuh! :D

tapi yang jelas dalam beberapa hari gw bakal menjadi seorang mahasiswa, dan gw mesti lebih mature lagi dalam berpikir. Doain gw cepet lulus dan betah dah di kampus baru. A new shit hole!


Related Articles