Gila Kala Kemping (Part III)

September 09, 2011 Samuel Yudhistira
Part I sama Part II sebaiknya dibaca dulu biar jelas, soalnya postingannya panjaaaang bener kaya jalan tol.

Di part III gw bakal menceritakan secara gamblang tindakan-tindakan tolol ala anak SD ketika berkemping dalam organisasi pramuka. Jujur aja, gw cukup enjoy dengan kegiatan pramuka, demen aja make baju coklat-coklat, megang tongkat, ada talinya, pake dasi gede, kadang gw ngayal jadi pasukan Amerika di Vietnam, trus nyusruk ke selokan sambil tereak-tereak, "VC!! Vietcong! They're coming at us!! They are f*cking everywhere!!"

Well, itu hanya celotehan anak SD kelas 6 yang terlalu banyak nonton film perang.

Dan di tahun terakhir gw berada di organisasi pramuka (pas SMP udah males, hehehe) gw mengalami kejadian gila pas ada perkemahan di daerah Cibodas, Jawa Barat. Lokasinya cihuy, ada semacam terowongan yang bentuknya kaya komodo, daerah camp-nya juga banyak pohon-pohon pinus. Sekilas gw kira kita lagi ada di Belgia, tapi pas ngeliat gak ada salju gw kembali sadar kalo lagi ada di CIBODAS.

Satu hal yang gw inget tendanya bukan pake tipe Marinir lagi kya di Part II, tapi lebih luas, gak pake tempat tidur lipet yang gampang jebol, jadi tidurnya bersentuhan dengan debu dan tanah pegunungan. Sadis boy! Sampe akhirnya gw sebagai ketua regu ngambil tiker buat dijadiin alas tidur. Asli, punk rock jalanan banget! Cuman kalo gw versi pegunungan bukan versi emperan toko, hehehe.

Satu-satunya yang nyebelin di Cibodas adalah cuacanya yang berubah begitu ekstrem, nah, kalo udah ujan nyebelin abis, dengan kondisi tenda yang bocor dan minimnya sarana pengelepan mengharuskan gw sebagai pramuka berpikir ekstra kreatif yaitu dengan mengelap alas tenda dan menambal tenda menggunakan CELANA DALEM a.k.a. KOLOR a.k.a. SEMPAK!!

Yah sodara-sodara hal itu benar adanya dan terjadi...

Jurit malam gimana?? Biasanya gw rada alergi sama yang namanya jurit malam, tapi berhubung ogut ketua jadinya kudu maju duluan dah. Gw inget karena saking gelapnya kelompok yang gw pimpin sempet nyasar berulang kali, sampe diomelin sama pembina, kalo udah diomelin semuanya kena damprat. Wah..wah... itulah yang bikin gw ogah ikut beginian. 

Pas bagian walk game besok siangnya kelompok gw gak kalah geblek. Baru mulai jalan sebentar udah ada aja yang bikin rusuh, emang dasar anak-anak SD geblek, pas di sungai dorong-dorongan, walhasil ada anggota yang nyebyur! :D 

Satu hal yang gw suka dari Cibodas itu adalah udara yang maha-sejuk, gw inget banget pas malem-malem gw keluar seluruh daerah camp diselimuti kabut, beeh, asli keren banget, dan dinginnya bener-bener bikin gw betah tidur, walaupun ujung-ujungnya malah pada becanda gila di dalem tenda.

Well itulah perkemahan terakhir gw dengan seragam pramuka gw untuk selanjutnya gw kemping tidak terikat dengan organisasi apapun, perkemahan terakhir di mana gw melihat orang kemping sambil pacaran berduaan (sama2 pecinta alam), lomba sikat gigi di sungai yang berujung pada berdarahnya gusi beberapa anak, seorang anak lari dari camp  sambil bugil trus loncat di sungai yang bikin heboh semua orang, hiking pas disuruh naik ke bukit pake tali malah talinya putus.

Yah demikianlah sodara-sodara kisah akhir gw sebagai pramuka dan kemping terakhir gw masa SD. Lumayan suram tapi penuh cerita banget, jujur aja dibanding tempat-tempat kemping sebelumnya Cibodas itu yang paling cihuy! 

Kapan ada lagi kejadian kya begini...