Saturday, 15 October 2011

Success is Money

What’s money? A man is success if he gets up in the morning and goes to bed at night and in between does what he wants to do.



Bob Dylan, (source)

Kata-kata di atas diucapin sama Bob Dylan, gw rasa ada benernya juga sih. Di era sekarang kebanyakan kesuksesan "cuma" dinilai melalui faktor kuantitatif atawa numerik atawa duit. Artinya, kesuksesan seseorang hanya dilihat dari seberapa besar penghasilan atau uang yang bisa diperoleh.

Kalo menurut gw, indikator uang sebagai tanda kesukesan terkesan sempit dan gak "make sense". Well, money is not everything, but everything need money," peribahasa yang secara tak langsung berkata kepada gw, "Duit itu artinya segalanya,"

Kembali gw melihat penilaian orang mengenai sukses itu sendiri, tapi di era yang rada monetize (ato bisa gw bilang sangat!) agak susah mencari orang yang menilai sukses bukan sekedar hal materi.

Sebenernya kalo dipikir-pikir sikap anti-monetize itu sedikit memiliki hubungan dengan mentalitas indie yang gw anut. Dan kalo kita lihat semangat DIY (Do It Yourself) itu sendiri menunjukkan kalo kesuksesan itu dinilai dari usaha dan hasilnya, bukan demi keuntungan semata tapi untuk kenikmatan. Ketika kita melihat hasil kerja dan usaha kita sendiri dan terpuaskan, itu sudah bisa disebut sebagai suatu kesuksesan.

So fellas, jangan sampe pikiran dan cara pandang kita termanipulasi dengan hal-hal materialistis, kalaupun materi itu sendiri adalah buah dari kerja keras kita, jangan sampai hal tersebut membutakan "mata" sehingga keserakahan merasuki pikiran dan membuat semua hal dinilai dengan uang dan materi.

What is money????

Related Articles

4 komentar:

NuellubiS said...

tapi tanpa uang kita gak bisa beli apa2 loh.... :D

samuel said...

nah itu juga masalah yg rada pelik :D

without money we're nothing, without us money is nothing :D

Aris Caesar Kurnia Jaya said...

zaman sekarang manusia sudah mendewakan uang sam. hahahaha
Money is God, :D

samuel said...

@Aris: Yamaan itu dia ris, udah guawat manusia2 jaman sekarang =_=