Thursday, 23 June 2016

The Smiths - Meat is Murder

Diluncurkan tahun 1985, salah satu album paling canggih yang pernah mereka buat. Salah satu album mereka yang paling gue suka secara musikal maupun lirik benar-benar cerdas. The Smiths adalah salah satu band yang banyak memberikan andil buat gue dalam bermain musik. Kadang mereka manis, kadang marah, kadang terang, kadang gelap, penuh dengan lirik yang simpel tapi cerdas.



Album ini dimulai dengan track "The Headmaster Ritual" yep, sebuah lagu cerdas dan menggambarkan situasi sekolah yang mengamalkan disiplin ekstra ketat  terkadang terkesan berlebihan. Morrissey sendiri di buku autobiografi sudah cukup gamblang menceritakan tentang sistem sekolah di masanya. Lagu berikutnya yang sangat gue suka "I Want the One I Can't Have" ahhh I love this song. Lagu ini kayanya bener-bener memahami kondisi setiap orang yang bener-bener menginginkan banyak hal dalam hidupnya tapi gak bisa berbuat banyak karena kondisi yang tidak memungkinkan. Ini adalah lagu yang secara tidak sadar dinyanyikan dalam kehidupan sehari-hari setiap orang di mana kebutuhan dan keinginan sudah nyaris sulit dibedakan.

"Nowhere Fast" bikin kita pengen goyang mengikuti alur musik yang sungguh tak terbantahkan nikmatnya. Kembali liriknya berisi kritikan yang puitis dan cerdas. Gue suka gaya Johnny Marr dalam mengisi gitar di lagu ini. Riff-riff sibuk nan jangling yang jadi ciri khasnya. Lagu ini selesai dan tiba-tiba...


Well I wonder
do you hear me when you sleep?
I hoarsely cry

Well I wonder
do you see me when we pass?
I half-die

Please keep me in mind
please keep me in mind

Gasping - but somehow still alive
this is the fierce last stand of all I am

Gasping - dying - but somehow still alive
this is the final stand of all I am

Please keep me in mind

Lagu ini adalah lagu kesukaan gue ketika gue kemarin mengalami peristiwa yang cukup sulit dalam kehidupan (cielah). Yes this song is called "Well I Wonder". Ahh pokoknya suara Morrissey di lagu ini bener-bener bikin perasan acak kadul gak keruan. Tapi serius, I survived because of this song.

Album ini buat gue salah satu album paling gilak yang pernah dibuat sama The Smiths. I love them. Cara mereka menggubah lagu merupakan cara yang teramat tidak biasa dan hebatnya membuat banyak orang terinspirasi untuk menciptakan banyak karya. Salah satu artikel di majalah NME bahkan pernah menyebut, "If The Smiths’ and ‘Hatful Of Hollow’ had sparked a scene, ‘Meat Is Murder’ defined a sub-culture" dan menuliskan 10 album yang terinspirasi dari album "Meat is Murder". Here is the article: LINK

Bahkan salah satu album yang terinspirasi dari album Meat is Murder ini pernah gue revie juga di sini

Judging by all listeners around globe, this is the album that changed music culture. Menciptakan begitu banyak kultur-kultur baru yang menginspirasi lebih banyak lagi orang untuk menciptakan karya.

"scratch my name on your arm with a fountain pen
(this means you really love me)
and though I walk home alone
my faith in love is still devout"


picture source: http://genius.com/The-smiths-meat-is-murder-album-art-lyrics

Related Articles

2 komentar:

Rose said...

dicari ah nanti :D

Suka liriknya

Salam

Samuel said...

@Rose wuehehe
yeah sebuah album yang bagus koq :D